Mendikbud dorong BUMN rancang program magang kelas dunia

id Program Magang Mahasiswa Bersertifikat, PMMB 2020, Mendikbud Nadiem Makarim, Nadiem Makarim, Nadiem dorong perusahaan bi

Mendikbud dorong BUMN rancang program magang kelas dunia

Mendikbud Nadiem Makarim saat memberikan sambutan pada acara penguatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat di Jakarta, Rabu (Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mendorong perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun dunia industri agar merancang program magang kelas dunia.

"Kalau kita fokus, fokus pada Kampus Merdeka ini. Kita bisa buat program magang kelas dunia. Cari mitra perusahaan luar negeri ataupun kampus luar negeri. Ajak ke sini untuk membuat program yang menarik," ujar Nadiem pada acara penguatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu.

Nadiem menambahkan kerja sama yang dilakukan oleh pihaknya tidak hanya dengan BUMN, namun juga dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Nantinya, para mahasiswa yang magang akan terjun langsung ke desa-desa, dan membuat program yang sesuai dengan kebutuhan desa.

"Mahasiswa-mahasiswa itu nantinya akan terjun ke desa-desa, dan memecahkan masalah yang ada di desa terpencil," jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Nadiem membantah bahwa orientasi dari program magang hingga tiga semester di luar kampus itu, berorientasi pada dunia kerja.

"Penguatan karakter tidak akan terjadi, jika mahasiswa itu hanya berenang di kolam renang, bukan di lautan terbuka. Kita harus melatih mahasiswa kita, berenang di lautan terbuka, agar nantinya tidak kaget dengan apapun tantangan yang dihadapinya," jelas Nadiem lagi.

Mantan bos Go-Jek tersebut juga meminta industri tidak mensia-siakan program tersebut. Hal itu dikarenakan industri bersama dengan perguruan tinggi bisa merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan.

Selama ini, lanjut Nadiem, komplain dunia industri mengenai cepatnya waktu magang dan perusahaan kesulitan melakukan investasi pada mahasiswa tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan perubahan dengan mengkonversi magang satu semester dengan 20 SKS.

Begitu juga dengan keluhan rektor, yang mengaku sulit menarik perhatian industri maupun BUMN. Oleh karena itu melalui Kampus Merdeka, Nadiem mengajak kampus dan industri untuk berkolaborasi.

"Kami juga menghimbau agar program magang ini tidak dilihat sebagai CSR (tanggung jawab sosial) melainkan sebagai program berkelanjutan. Karena ini BUMN, maka ini membuktikan BUMN hadir untuk negeri," imbuh Nadiem.

PMMB merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan bagi mahasiswa.

PMMB Batch I tahun 2020 diikuti 4.608 mahasiswa dari 300 kampus dan melibatkan 124 BUMN. Para mahasiswa yang mengikuti program ini merasakan pengalaman nyata magang di BUMN secara penuh selama minimal enam bulan dan diakui sebanyak 18 – 23 SKS oleh PTN/PTS. Selain itu para mahasiswa itu juga mendapatkan uang saku bulanan dan sertifikat, baik sertifikat kompetensi maupun sertifikat industri.