Embarkasi Palembang masih tunggu keputusan tentang pesawat untuk haji

id Haji, pesawat, jamaah, Embarkasi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Embarkasi Palembang masih tunggu keputusan tentang  pesawat untuk haji

Ilustrasi - Jamaah haji embarkasi Aceh pada 2019. ANTARA/Khalis

Palembang (ANTARA) - Embarkasi Palembang masih menunggu keputusan Kementerian Agama di pusat mengenai pesawat yang akan digunakan untuk mengangkut jamaah calon haji pada 2020.

"Tahun ini ada penambahan dua pesawat sehingga jumlahnya ada empat maskapai penerbangan untuk mengangkut jamaah calon haji tahun ini," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan melalui Kasubag Humas Saefudin Latief di Palembang, Selasa.

Pesawat itu, yakni Garuda Indonesia Airlines (Garuda), Saudi Arabia Airlines (Saudia), Citilink, dan Flynas.

Sebelumnnya, lanjut dia, operasional penerbangan haji memang hanya dilakukan dua maskapai, yakni Garuda dan Saudia.

Dia mengatakan empat maskapai yang akan melayani rute penerbangan pada musim haji 2020 itu telah selesai melalui seluruh tahapan lelang dan memiliki kualifikasi yang memenuhi syarat.

Namun, ujar dia, untuk pesawat di setiap embarkasi belum ditentukan jenis maskapai penerbangannya.

Embarkasi Palembang, kata dia, untuk angkutan haji pernah menggunakan pesawat Garuda dan Saudi Arabia Airline.

Namun, kata dia, untuk musim haji tahun ini masih menunggu keputusan pemerintah pusat tentang jenis pesawat yang akan digunakan.

Jumlah jamaah calon haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Palembang menuju Tanah Suci rata rata 7.500 orang dan hal itu termasuk dari Bangka Belitung.

Ia mengatakan bergabungnya jamaah calon haji asal Kepulauan Bangka Belitung karena Sumsel telah memiliki Embarkasi Palembang.

"Mudah-mudahan pemberangkatan jamaah calon haji Embarkasi Palembang tersebut berjalan lancar, termasuk pemulangan," kata dia.