Disdik Ogan Komering Ulu imbau siswa tidak jajan sembarangan

id Disdik imbau siswa tidak jajan sembarangan

Disdik Ogan Komering Ulu imbau siswa tidak jajan  sembarangan

Kepala Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu Teddy Melwansyah. ANTARAl/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengimbau para siswa sekolah di wilayah setempat untuk tidak jajan sembarangan agar terhindar dari penyebaran penyakit hepatitis.

"Karena penyakit hepatitis ini mudah sekali menular melalui jajanan yang tidak steril yang dijual di sekolah-sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu (OKU), Teddy Melwansyah melalui Sekretarisnya, Alfarizi di Baturaja, Senin.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada seluruh pihak sekolah untuk mengawasi siswa masing-masing supaya tidak jajan sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit tersebut.

"Yang terpenting pihak sekolah harus memperhatikan dan menjaga kebersihan kantin sekolah," tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, siswa juga diminta tidak membiasakan makan dan minum secara bersama-sama dari satu cangkir atau piring.

"Kita minta siswa membiasakan membawa minuman atau makanan dari rumah dan cuci tangan sebelum makan agar tidak tertular penyakit yang menular," tegasnya.

Dia menegaskan, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan pihak dinas kesehatan  sebagai upaya pencegahan penularan hepatitis pada anak-anak usia sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMP.

"Mudah-mudahan upaya ini dapat menekan angka penderita penyakit hepatitis di kalangan pelajar di Kabupaten OKU," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar