Dirpem ANTARA : Pers harus meneguhkan independensi dan profesionalitas

id antara,HPN 2020

Dirpem ANTARA : Pers harus meneguhkan independensi dan profesionalitas

Dirpem Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir saat melihat pameran foto HPN 2020. (Foto : antara/foto/firman).

Banjarmasin (ANTARA) - Direktur Pemberitaan (Dirpem) Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir berharap dimomen Hari Pers Nasional (HPN) 2020, insan pers harus dapat meneguhkan independensi dan profesionalitas.

"Kita harus menguatkan diri agar sesuai dengan prinsip-prinsip jurnalisme dan etika jurnalistik," katanya di Banjarmasin, Sabtu.

Munir juga mengajak insan pers di seluruh tanah air turut serta memerangi hoaks yang sekarang ini lagi marak dengan tujuan merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa.

"Berikan masyarakat informasi yang benar melalui berita berimbang tanpa memihak. Jika ada hoaks, media punya peran dan tanggung jawab moral meluruskannya," kata pria yang pernah menjabat Kepala Biro ANTARA Jawa Timur itu.

Sedangkan untuk internal ANTARA sendiri, lulusan Sarjana di Fisip Universitas Jember ini menekankan agar jajaran redaksi ANTARA dapat selalu memberikan informasi yang mengedukasi, mencerahkan sekaligus memberdayakan.

"Sebagai kantor berita negara dan satu-satunya yang ada di Indonesia, tentunya kita jadi rujukan rakyat. Untuk itu, teruslah membuat berita yang positif dan membangun bangsa demi menjaga keutuhan NKRI," harapnya.

Apalagi berita-berita ANTARA tersebar luas ke seluruh penjuru nusantara sekaligus juga menjadi duta informasi ke dunia internasional, sehingga wartawan ANTARA tidak boleh salah dalam menulis berita.

"Berita ANTARA dikutip lebih dari 300 pelanggan media dan juga dialihbahasakan ke berbagai bahasa di dunia untuk disiarkan ke kantor berita negara lain yang bekerja sama dengan ANTARA. Untuk itu, redaksi ANTARA harus benar-benar berhati-hati dan teliti dalam membuat berita," jelasnya.

Akhmad Munir berada di Kalimantan Selatan menghadiri sejumlah kegiatan dari rangkaian HPN 2020. Pada Jumat (7/2), dia hadir di acara ANTARA Goes to Campus di Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Kemudian mengunjungi Booth ANTARA di pameran bertajuk "Expo Media Pers" di siring tugu Nol Kilometer Banjarmasin Jalan Jenderal Sudirman.

Sedangkan pada Sabtu hari ini, Munir bersama Direktur Utama Kantor Berita ANTARA Meidyatama Suryodiningrat menghadiri peringatan HPN 2020 bersama Presiden Joko Widodo di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar