Ratusan rumah warga di Kabupaten OKU dilanda bencana banjir

id banjir

Ratusan rumah warga  di Kabupaten OKU dilanda bencana banjir

Banjir merendam ratusan rumah warga di Desa Bandar Agung dan Gunung Meraksa, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU dengan ketinggiam air mencapai 1 hingga 2,5 meter. (Foto : Antara News Sumsel/Edo Purmana).

Baturaja (ANTARA) - Ratusan rumah warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan dilanda banjir akibat intensitas curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah setempat pada Kamis (6/1) sekitar pukul 20.30 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU, Amzar Kristopa di Baturaja, Jumat, mengatakan bahwa banjir melanda ratusan rumah warga di Desa Bandar Agung dan Desa Gunung Meraksa, Kecamatan Lubuk Batang.

"Ketinggian air mencapai 1 hingga 2,5 meter hingga masuk ke rumah warga," ujarnya.

Dia mengemukakan, bencana alam ini terjadi akibat itensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan luapan air Sungai Ogan hingga terjadinya banjir.

"Hujan deras yang terjadi sejak tadi malam membuat meluapnya air Sungai Wall di Kecamatan Lubuk Batang hingga terjadi banjir yang melanda permukiman penduduk di wilayah itu," ungkapnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam musibah bencana alam tersebut, kata dia namun tercatat sebanyak 130 rumah warga di dua desa tersebut yang terdampak bencana banjir.

"Ada 130 rumah warga di Desa Bandar Agung dan Gunung Meraksa yang terdampak musibah banjir," tegasnya.

Menurut dia, pihaknya bersama unsur terkait melakukan upaya dengan memantau lokasi bencana alam tersebut untuk melakukan evakuasi terhadap korban banjir.

"Kami juga menyiapkan perahu untuk keperluan masyarakat agar aktifitas warga tidak lumpuh total," ujarnya.