Sumsel akan sensus penduduk melalui daring

id Sensus, gubernur, penduduk,Bps, sensus online

Sumsel akan sensus penduduk melalui daring

Rapat teknis nasional Badan Pusat Statistik (BPS) membahas persiapan Sensus Penduduk tahun 2020, dibuka Kepala BPS Pusat Suhariyanto ditandai penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Kepala BPS provinsi setempat Endang Triwahyuningsih serta Bupati/Wali Kota se-Sumsel. (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Sumatera Selatan akan sensus penduduk secara berjaringan atau online pada pertengahan Februari hingga Maret 2020.

"Nantinya penduduk hanya mengisi data melalui telepon genggam atau Hp," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan Endang Tri Wahyuningsih di Palembang, Jumat.

Dalam upaya menyukseskan sensus tersebut pihaknya telah rapat koordinasi dengan Pemprov  Sumsel yang dihadiri langsung Kepala Dinas Kominfo Sumsel Achmad Rizwan.

Rapat koordinasi itu untuk mensosialisasikan sensus yang dilaksanakan secara berjaringan tersebut kepada seluruh lapisan masyarakat terutama ASN.

Berdasarkan data BPS setempat jumlah penduduk Sumsel tercatat 8,4 juta orang lebih dan  akan disensus dengan sistem online atau berjaringan.  

Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah antara lain SMAN 1 dan SMAN 3 Palembang guna menyukseskan sensus tersebut.

Bahkan, lanjut dia, agar program sensus penduduk online ini berjalan baik dan sukses, Gubernur Sumsel Herman Deru  memastikan seluruh ASN akan mengisi Sensus Penduduk (SP) online dan nantinya dilakukan pengisian secara langsung oleh Gubernur Sumsel.  

Menurut dia, sebagai informasi, Sensus Penduduk Online adalah sistem daring dimana penduduk atau masyarakat harus mengupdate data diri sendiri di Link yang sudah disediakan oleh BPS yakni sensus.bps.go.id  

Sementara Gubernur Sumsel yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Sumsel Achmad Rizwan memastikan sensus penduduk tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

"Sebagai bentuk dukungan gubernur untuk menyukseskan sensus tersebut yaitu salah satunya melalui sosialisasi dan publikasi ke masyarakat kabupaten dan kota se Sumsel," ujar dia.

 

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar