Harga bawang putih naik jadi Rp80.000/Kg

id Bawang putih, bawang, harga bawang naik

Harga bawang putih naik jadi Rp80.000/Kg

Pedagang pasar tradisional Indramayu, Jawa Barat, saat menunjukkan bawang putih. (ANTARA/Khaerul Izan)

Indramayu (ANTARA) - Harga bawang putih di pasar tradisional Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melonjak dari sebelumnya Rp35.000 per kilogram menjadi Rp80.000 per kg karena stok mulai menipis.

Seorang pedagang sayuran di Pasar Baru Indramayu Mimin di Indramayu, Rabu, mengatakan sudah beberapa hari ini harga bawang putih terus naik dan saat ini saja sudah mencapai Rp80.000 per kg.

"Biasanya harga bawang putih per kilogram saya jual Rp35.000 sekarang sudah naik," kata Mimin.

Kenaikan harga bawang putih, lanjut Mimin, karena minimnya stok dari para distributor yang biasa menyuplai komoditas tersebut.

Dengan adanya kenaikan itu, dia mengaku hanya mempunyai stok yang kurang dari dua kilogram karena modal untuk berjualan membengkak dengan terus merangkaknya harga kebutuhan dapur.

"Saya menyetok sedikit, karena bisa membuat belanjaan membengkak hanya untuk membeli bawang putih saja," tuturnya.

Sementara pedagang lain Titi mengatakan cukup kaget saat membeli ke distributor, karena kenaikan bawang putih terjadi secara mendadak dan stoknya pun saat ini sudah semakin menipis.

"Harga bawang putih lagi naik, tadi saat saya beli di distributor yang semula sekitar Rp28.000, saat ini sudah hampir Rp80.000 per kg," katanya.