Dua penumpang dari Tiongkok sempat jalani observasi di Bandara SMB II Palembang

id Smb ii, penumpang pesawat,Penyakit bawaan, virus corona

Dua penumpang dari Tiongkok sempat jalani observasi di Bandara SMB II Palembang

Tujuh orang mahasiswa asal Sumatera Selatan yang menjalani pendidikan di Jiangsu Normal University, China tiba di Bandara International Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/ama.

Palembang (ANTARA) - Dua orang penumpang yang berasal dari tiongkok sempat menjalani observasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. 

Penumpang tersebut satu di antaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI) perempuan asal Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan satu lagi adalah calon suaminya yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) Tiongkok. Keduanya terbang dari Guangdong kemudian transit dari Kuala Lumpur menumpang penerbangan Air Asia dan tiba di Palembang Selasa sekitar pukul 07.26 WIB. 

"Observasi pada keduanya dilakukan sebagai upaya cegah tangkal awal sesuai SOP penumpang yang datang dari daerah terjangkit virus corona," kata dokter Fungsional Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang F Arya Hidayat, Selasa sore. 

Arya menjelaskan observasi kesehatan dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan keduanya. Setelah itu kondisi keduanya akan dilaporkan ke Dinas Kesehatan setempat dengan diterbitkannya Health Card Alert (HAC) atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan. 

Keluarga yang menjemput kedua penumpang tersebut sempat  khawatir tidak dapat pulang ke Mesuji Raya mengingat keduanya akan melangsungkan pernikahan pekan ini. 

"Undangan juga sudah disebar dan acara juga siap dilaksanakan sehingga mereka mereka dijemput ke bandara," ujar Eko salah satu keluarga yang ikut menjemput di Bandara SMB II Palembang. 

Setelah melalui observasi dan dinyatakan sehat keduanya pun dipulangkan bersama keluarga, namun dokter Arya mengingatkan mereka tetap harus menulis surat pernyataan kesehatan yang nantinya akan digunakan pihak puskesmas setempat untuk memantau kondisi kesehatan mereka di Mesuji Raya nanti. 

KKP melakukan upaya cegah tangkal masuknya virus corona dari bandara juga melengkapi diri dengan pemasangan Thermal Scanner atau alat pemantau suhu tubuh dan juga satu unit alat baru berupa penyaring udara  "Hepa Air filtration  machine" yang dipergunakan untuk menyaring dan memberikan tekanan negatif pada ruangan isolasi. 

Sementara itu pihak Angkasa Pura II  juga membantu menyiapkan alat tersebut mengingat juga pada Rabu 5 Februari 2020 ini mulai diberlakukan larangan penerbangan langsung dari Tiongkok.

"Penerbangan di Bandara SMB II tidak ada yang langsung dari Tiongkok, tapi transit melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta," jelas General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Palembang, Fahroji.