Kemarin, dari penundaan penerbangan China hingga IHSG tertekan corona

id berita sepekan,penundaan penerbangan china,virus corona,BUMN,BTN,IHSG,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel

Kemarin, dari penundaan penerbangan  China hingga IHSG tertekan corona

iIlustrasi - Virus corona. ANTARA/HO

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (2/2/2020) kemarin, mulai dari penundaan sementara penerbangan dari dan ke China hingga IHSG yang masih terus tertekan akibat virus corona.

1. Kemenhub tunda Sementara penerbangan dari dan ke China. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan melakukan penundaan penerbangan dari/ke seluruh destinasi di China, tidak termasuk Hong Kong dan Macau, hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

“Penundaan sementara ini ditujukan untuk melindungi masyarakat dari risiko tertular mengingat salah satu yang menjadi potensi masuknya penyebaran virus adalah akses transportasi udara yang erat kaitannya dengan keluar masuknya penumpang internasional," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

2. Erick Thohir puji kecepatan BUMN bantu WNI di China cegah Virus Corona

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi BUMN-BUMN yang bergerak cepat membantu Warga Negara Indonesia (WNI) di China yang saat ini terdampak wabah Virus Corona.

"Saya apresiasi BNI yang bergerak cepat membantu masyarakat Indonesia di Hongkong. Masyarakat Indonesia di Hongkong termasuk yang paling besar, " kata Erik Thohir dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu

Baca selengkapnya di sini

3.Kemenhub pastikan maskapai ikuti mitigasi pesawat dari Wuhan

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengawasi pelaksanaan mitigasi pesawat yang telah kembali ke Indonesia setelah melakukan misi kemanusiaan untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan,Provinsi Hubei, China.

"Kami akan mengawasi proses mitigasi pesawat agar bersih dari kuman Virus Corona," jelas Novie.

Baca selengkapnya di sini

4. BTN telah kucurkan Rp111 triliun KPR bersubsidi

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk (BTN) Pahala Mansury mengatakan perseroan telah mengucurkan Rp195 triliun Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dengan Rp111 triliun di antaranya merupakan KPR bersubsidi.

"Sampai saat ini lebih dari Rp195 triliun KPR yang dimiliki BTN, sekitar Rp111 triliun bersubsidi dan sisanya non subsidi. Ini tentunya merupakan indikator bahwa BTN memang terbukti fokus pada penyediaan perumahan bagi masyarakat Indonesia," kata Pahala.

Baca selengkapnya di sini

5. Analis: IHSG masih akan tertekan akibat virus corona

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepekan ke depan masih akan tertekan di bawah level 6.000 akibat sentimen wabah virus corona.

"Virus corona akan menjadi berita utama yang diperkirakan akan memukul pertumbuhan ekonomi global dan China, tetapi kami berharap ada rebound IHSG akibat IHSG berada di support 5.939. Tetapi melihat tekanan indeks global akibat wabah virus korona yang menyebar dengan cepat, IHSG sangat mungkin turun kembali pada pekan ini," ujar Hans di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar