Pembangunan ruas Tol Indralaya-Prabumulih mundur

id jalan tol,jtts,jalan tol trans sumatera,hutama karya

Pembangunan ruas Tol Indralaya-Prabumulih  mundur

Sejumlah kendaraan roda empat memasuki Gerbang Tol Indralaya jalan tol Sumatera Ruas Palembang-Indralaya (Palindra) di Indralaya, Ogan Ilir (OI), Sumatra Selatan, Minggu (10/6). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/kye/18)

Palembang (ANTARA) - Pembangunan jalan Tol Trans-Sumatera ruas Indralaya-Prabumulih, Sumatera Selatan, sepanjang 65 km diketahui molor dari target karena hingga kini belum tersedia lahannya.

Manajer Proyek PT Hutama Karya Hasan Turcahyo di Palembang, Minggu, mengatakan semula pekerjaan fisik proyek ini ditargetkan mulai dikerjakan pada awal 2020, namun hingga kini pembebasan lahan belum berjalan sesuai rencana meski pencanangan proyek sudah dilakukan pada 9 April 2019.

“Pada prinsipnya, Hutama Karya sudah siap, mulai dari kesiapan dana kontraktor yang sudah tersedia sejak Agustus hingga peralatannya,” kata dia.

Ia mengatakan pada 27 Desember 2019 telah dilakukan rapat dengan instansi terkait untuk mempercepat proyek ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ini di Griya Agung, Palembang.




Dalam kesempatan itu, diungkapkan bahwa pembebasan lahan terkendala persoalan teknis, yakni ketika dilakukan pengukuran di lokasi ternyata banyak pihak yang mengaku sebagai pemilik. Lahan itu ada yang dimiliki warga, perusahaan perkebunan sawit swasta hingga perkebunan tebu milik BUMN.

Terlepas dari persoalan tersebut, HK sangat menyayangkan kondisi ini mengingat sejak pencanangan pada tujuh bulan lalu dilakukan proses lanjutan yang relatif cepat. Penetapan lokasi sudah dilakukan pada 10 Juli 2019 dan pendelegasian tugas ke Kantor Pertanahan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ogan Ilir pada 6 Agustus 2019.

“Kini, kami menunggu pembebasan lahan lanjutan yang sudah dilakukan sejak Oktober 2019. Dananya sudah tersedia di Kementerian PUPR, tinggal lagi proses di BPN,” kata dia.

Hutama Karya bakal menggarap ruas Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 65 kilometer. Selanjutnya, untuk ruas Prabumulih-Muara Enim bakal dikerjakan oleh Waskita Karya sehingga total panjang ruas Tol Indralaya-Muaraenim mencapai 119 km.




Sejauh ini, Hasan menambahkan penetapan lokasi (penlok) untuk jarak tempuh 0 km (KM 0) hingga 10 km (KM 10) sudah dilakukan, sementara untuk KM 10 hingga KM 65 masih proses pendataan awal untuk penerbitan penlok. “Jika berjalan sesuai rencana maka penlok untuk KM 10 hingga KM 65 diperkirakan dapat dilakukan pada Juni 2020,” kata dia.

Pembangunan jalan Tol Indralaya-Muaraenim diperkirakan menelan dana sekitar Rp24,10 tirliun yang berasal dari ekuitas perusahaan senilai Rp16,87 triliun atau 70 persen dari total investasi dan sisanya Rp7,20 triliun dari pinjaman. Pelaksanaan konstruksi ditargetkan rampung pada 2022.

Ruas Indralaya-Muaraenim nantinya tersambung hingga Muaraenim-Bengkulu sehingga akan menyambungkan Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Di provinsi tersebut, pengerjaan sudah dimulai ke arah Lubuk Linggau, tepatnya di STA 0 sampai 17,85 di wilayah Taba Penanjung.