Gubernur Sumsel kucurkan dana persiapan PON Rp10 miliar

id gubernur Sumsel, KONI Sumsel, PON XX Papua

Gubernur Sumsel kucurkan dana persiapan  PON Rp10 miliar

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengucurkan dana persiapan PON XX Papua Rp10 miliar untuk Pelatda dan kebutuhan lainnya guna mendukung kelancaran atlet yang mengikuti ajang empat tahunan tersebut.

"Dana tersebut juga akan digunakan untuk mendatangkan pelatih di luar Sumsel atau luar negeri. Begitu juga pemberangkatan kontingen akan menggunakan dana tersebut," kata Ketua Umum KONI Sumsel Hendri Zainuddin di Palembang, Sabtu.

Menurut Hendri, persiapan Pelatda sejak dini itu penting karena Sumsel ingin memperbaiki peringkat pada pesta olahraga empat tahunan itu. Pada PON Jabar, Sumsel hanya berada diperingkat 21 dan di Papua nanti harus lebih baik lagi.

Oleh karena itu, pihaknya terus mempersiapkan diri menghadapi pesta olahraga tersebut.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan prestasi kontingen daerah ini harus lebih baik dari PON sebelumnya. Oleh karenanya, pihaknya akan memfasilitasi dan mendorong agar prestasi Sumsel semakin baik, termasuk masalah pendanaan.

"Untuk mendapat medali di PON Papua cukup berat, karena ada cabang olahraga unggulan Sumsel tidak dipertandingkan pada pesta olahraga tersebut," ujar gubernur.