Penumpang Bandara SMB II Palembang diperkirakan naik 7,0 persen

id bandara,smb ii,pesawat,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Penumpang Bandara SMB II Palembang diperkirakan  naik 7,0 persen

Pekerja menggunakan alat berat untuk mengaspal landasan bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/4). (ANTARA/Nova Wahyudi/aww/18.)

Palembang (ANTARA) - Jumlah penumpang Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang diperkirakan meningkat sebesar 7,0 persen pada 2020 dibanding tahun sebelumnya.

General Manager Bandara Internasional SMB II Palembang PT Angkasa II (Persero) Fahroji di Palembang, Jumat, mengatakan jumlah pergerakan tahun ini bisa mencapai 4,3 juta penumpang.

“Tahun lalu jumlahnya 4,02 juta penumpang atau rata-rata sekitar 11.000 penumpang per hari. Tahun ini bisa mencapai 12.000 penumpang per hari,” kata dia.

Baca juga: Bandara SMB II pasang "thermal scanner" deteksi virus Corona

Fahroji mengatakan prediksi peningkatan itu seiring adanya penambahan penerbangan, serta ada pula pembukaan rute baru dari bandara di kota itu.

Ia mengemukakan tahun ini, penerbangan rute Bandung—Palembang telah dibuka lagi di mana sebelumnya dihentikan pihak maskapai. Kemudian, ada pula rute baru, yakni Palembang—Semarang.

Baca juga: Penumpang Bandara SMB II Palembang diprediksi naik tujuh persen

Tak hanya itu, dia melanjutkan, arus penumpang dari bandara internasional itu juga bakal didorong dari adanya penambahan penerbangan umroh, yakni direct flight Palembang—Jeddah.

“Penerbangan umroh itu merupakan charter flight dan informasinya akan bertambah tahun ini,” kata dia.

Fahroji menerangkan meski ada prediksi kenaikan jumlah penumpang, namun pihaknya belum berencana untuk melakukan pengembangan fasilitas di bandara tersebut.

Baca juga: Pergerakan penumpang Natal-Tahun Baru di Bandara Palembang turun 19 persen

“Tahun ini belum ada pengembangan baik itu untuk luas terminal atau pengembangan yang berkaitan dengan jumlah penumpang,” kata dia.

Pengelola Bandara SMB II Palembang sebelumnya telah melakukan pengembangan secara massif pada 2018 seiring adanya momen pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018.

Baca juga: Bandara SMB II Palembang tingkatkan keamanan jelang Natal dan Tahun Baru

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, jumlah penumpang angkutan udara yang diberangkatan dari Bandara SMB II pada November 2019 secara keseluruhan sebanyak 170.701 orang, atau naik 4,18 persen dibanding Oktober 2019.

Kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsih mengatakan jumlah penumpang itu berasal dari penumpang domestik sebanyak 159.265 orang sementara penumpang internasional sebanyak 11.436 orang.

"Bandara SMB II merupakan pintu gerbang udara wisata yang penting di kawasan Sumbagsel, yang melayani penerbangan domestik maupun penerbangan internasional,” kata dia.

Penerbangan domestik yang berasal dari dan tujuan ke Bandara SMB II melayani Jakarta, Surabaya, Denpasar, Batam, Jambi, Medan, Pangkal Pinang, Lampung, Bengkulu, Padang, Tanjung Pandan, dan Yogyakarta. Sementara penerbangan internasional komersial masih terbatas pada dua negara, berasal dan bertujuan dari dan ke Kuala Lumpur (Malaysia) serta Singapura.