Pemkot Palembang siapkan aplikasi parkir

id parkir,palembang,retribusi,pajak

Pemkot Palembang siapkan  aplikasi parkir

Petugas Dishub melakukan razia parkir liar di kawasan Jakabaring Sport City, Palembang, Sumsel, Kamis (23/8/2018). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww/18.)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menyiapkan aplikasi parkir Sistem Informasi Aplikasi Perparkiran Palembang untuk memaksimalkan pendapatan dari sektor retribusi dan sekaligus meningkatkan layanan ke masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Agus Rizal di Palembang, Kamis, mengatakan, melalui aplikasi ini masyarakat dapat terlibat aktif dalam mengawasi sistem perparkiran.

“Masyarakat dapat mengetahui, apakah juru parkir ini resmi atau tidak menggunakan aplikasi ini. Caranya dengan mengecek QR Code di kartu pengenalnya,” kata dia.

Untuk itu, pemkot sudah mengeluarkan surat edaran ke juru parkir yang tersebar di kantong-kantong parkir untuk mengisi data identitas untuk dimasukkan dalam Sistem Informasi Aplikasi Perpakiran Palembang (SIAPP).

"Edaran sudah kita sampaikan, tinggal bagaimana respon para juru parkir," ujar dia.

Ia mengatakan melalui aplikasi ini, Dishub juga mendapatkan data pasti mengenai pendapatan juru parkir setiap harinya.

Dengan begitu, pemkot dapat merencanakan pembenahan dalam sistem perparkiran di ibu kota Sumatera Selatan ini yang ditargetkan bisa mencapai pendatapan Rp60 miliar per tahun.

"Kita akan melihat realisasi yang dihasilkan, bisa jadi ada penambahan titik parkir, termasuk penempatan juru parkir di titik-titik parkir," kata dia.

Agus tak menyangkal, selama ini pendapatan dari retribusi parkir tidak pernah dievaluasi karena pemerintah kota tidak memiliki data ril mengenai jumlah kantong-kantong parkir.

Untuk itu, hadirnya aplikasi ini sekaligus menjadi survei mengenai pengelolaan parkir di Palembang.

"Setelah dilakukan evaluasi dan survei, pada awal Febuari akan kita lakukan pembaharuan surat tugas dari juri parkir. Selain itu juru parkir resmi akan diberikan id card asli dengan barcode QR Code," kata dia.