Disnakan OKU Timur antisipasi penyebaran penyakit unggas

id oku timur

Disnakan OKU Timur antisipasi penyebaran  penyakit unggas

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ogan Komering Ulu Timur, Tubagus Sunarseno. (Foto : Antara News Sumsel/Edo Purmana).

Martapura (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan mengantisipasi penyebaran penyakit pada unggas yang dapat menyerang hewan saat musim penghujan seperti sekarang ini.

"Cuaca yang tidak menentu membuat penyebaran penyakit unggas seperti flu burung cepat menyebar," kata Kepala Disnakan OKU Timur, Tubagus Sunarseno melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan Muhamad Isardi di Martapura, Selasa.

Dia mengemukakan, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit pada hewan unggas ini perlu dilakukan berbagai langkah antisipasi maupun upaya pencegahannya.

Menurut dia, langkah yang dilakukan oleh pihaknya tersebut yaitu dengan memberikan perlindungan terhadap hewan peliharaan seperti ayam, bebek dan unggas lainnya agar tidak terserang penyakit flu burung.

Perlindungan yang dilakukan pihaknya itu dengan penyemprotan kandang unggas untuk menghindari penyebaran flu burung agar tidak menyerang hewan ternak milik masyarakat di wilayah itu.

"Langkah pencegahan ini kami lakukan untuk mengantisipasi penyebaran flu burung yang setiap saat bisa menyerang hewan unggas," katanya.

Dia mengemukakan, petugas di lapangan saat ini rutin membantu masyarakat terutama peternak dalam menjaga kesehatan ternak dengan menyemprot kadang unggas agar terhindar dari penyebaran penyakit flu burung.

"Penyemprotan kandang hewan ini berdasarkan usulan masyarakat. Oleh sebab itu, warga khususnya para peternak dapat mengajukan permohonan ke Disnakan OKU Timur maupun UPTD terdekat untuk mendapatkan perlindungan hewan secara gratis," jelasnya.