Warga Ogan Komering Ulu antusias ikuti program KB gratis

id Program KB gratis

Warga Ogan Komering Ulu antusias ikuti  program KB gratis

Warga Ogan Komering Ulu antusias mengikuti KB gratis. ANTARA/ Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Warga Desa Sri Mulya, Kecamatan Sinar Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan antusias mengikuti program KB gratis yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) wilayah setempat.

"KB gratis yang kami gelar hari ini di Desa Sri Mulya banyak diikuti oleh masyarakat setempat," kata Kepala DPPKB Ogan Komering Ulu (OKU), Nanang Nurzaman melalui Kabid P4, Ernanidar di Baturaja, Selasa.

Dia mengemukakan, jumlah layanan pengguna kontrasepsi dalam KB gratis yang dilaksanakan oleh pihaknya tersebut diikuti sebanyak 191 akseptor masyarakat di wilayah itu.

"Jumlah akseptor cukup banyak dibandingkan di desa kecamatan lainnya yaitu mencapai 191 orang," katanya.

Kontrasepsi yang digunakan oleh masyarakat dalam program KB gratis tersebut meliputi 141 akseptor pengguna implan, 23 suntik, 13 pil, empat IUD dan 10 orang menggunakan kondom.

"Totalnya ada 191 akseptor yang memanfaatkan program KB gratis tersebut," tegasnya.

Menurut dia, sejauh ini kontraspesi jenis implan paling banyak diminati oleh masyarakat di wilayah itu karena dapat mencegah kehamilan dalam kurun waktu selama tiga tahun.

"Bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan dalam jangka waktu cukup lama dan tidak ingin repot, metode satu ini dapat dijadikan pilihan," ujarnya.