OJK: Jangan tergiur investasi untung besar

id otoritas jasa keuangan,ojk,sikapi uangmu,cerdas investasi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, pa

OJK: Jangan tergiur investasi untung besar

Ilustrasi: Seorang mahasiswa di Padang sedang melihat aplikasi sikapi uangmu melalui telepon pintar di Padang. Aplikasi Sikapi Uangmu diluncurkan OJK untuk membantu perencanaan keuangan serta menyediakan tips keuangan serta berita dan kegiatan literasi dan inklusi keuangan. yang dapat diunduh di google play dan app store. Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi.

Manado (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan tawaran investasi yang menawarkan untung besar dalam waktu singkat.

"Sekarang ini begitu banyak investasi bodong yang bertebaran. Kami mengimbau agar ketika menerima tawaran investasi, tidak mudah percaya, teliti lebih dahulu," kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara (Sulutgomalut) Slamet Wibowo di Manado, Selasa.

Slamet mengatakan OJK tak henti-hentinya melakukan sosialisasi dan mengimbau masyarakat untuk waspada dan sadar investasi sehat.

Salah satu upaya itu, kata Slamet, OJK menelorkan aplikasi Sikapi Uangmu yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk belajar, termasuk mengecek apakah bank, industri keuangan nonbank, asuransi, dan lainnya terdaftar di OJK dan legal.

"Masyarakat bisa download aplikasi Sikapi Uangmu dan mengecek perusahaan fintech berizin dan terdaftar," kata Slamet.

Masyarakat juga bisa belajar terkait investasi dan literasi keuangan, misalnya bagaimana cara mengajukan kredit ke bank dan pembiayaan dari lembaga keuangan nonbank lainnya.

"Bisa juga dilakukan simulasi kredit. Uang mukanya berapa, bunga dan cicilannya berapa," ujar Slamet.

Ia mengatakan OJK mengedukasi masyarakat agar tak terjebak pada penawaran investasi bodong yang biasanya memberatkan di belakang hari.