Dinkes: Ogan Komering Ulu aman bdari virus corona

id Virus Corona

Dinkes: Ogan Komering Ulu aman bdari virus corona

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Andi Prapto. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan menyatakan hingga saat ini daerah setempat masih aman dari penyebaran virus corona.

"Karena sejauh ini tidak ada masyarakat Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu) yang terinfeksi virus dari negeri Cina tersebut," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Ogan Komering Ulu Andi Prapto di Baturaja, Senin.

Menurut dia, kabupaten setempat termasuk daerah rawan virus corona karena tidak memiliki akses langsung, tempat transit, seperti bandara dan pelabuhan.

Ia mengatakan daerah yang memiliki bandara dan pelabuhan biasanya memiliki tingkat risiko penyebaran paling tinggi virus corona.

"Seperti Kota Palembang dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Namun, saat ini pemerintah sudah melakukan antisipasi, seperti pemasangan alat-alat termasuk ruang isolasi di bandara dan pelabuhan," katanya.

Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau masyarakat setempat berperilaku hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan sebelum makan dan mengonsumsi makanan yang sudah masak.

"Masyarakat harus membiasakan diri agar hidup bersih dan sehat serta jangan mengonsumsi makanan yang belum matang, khususnya daging," katanya.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, pihaknya akan menyurati seluruh pemerintah kecamatan di wilayah setempat agar segera melapor jika ada masyarakat yang terindikasi tertular virus tersebut.

"Apalagi jika ada warganya yang bepergian ke luar negeri, khususnya ke Cina agar segera melapor," ujarnya.