Wagub Sumsel minta pelayanan kesehatan terus ditingkatkan

id Kesehatan, wagub,Ada 157.210 Guru honorer belum diangkat

Wagub Sumsel minta pelayanan kesehatan  terus ditingkatkan

Wagub Sumsel Mawardi Yahya. ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumsel

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya minta pelayanan kesehatan terus ditingkatkan sebagai bagian dari kemajuan pembangunan, terutama bidang kesehatan, di daerah itu.

"Apalagi saat ini masih sering terjadi laporan dan keluhan dari masyarakat terkait pelayanan kesehatan," katanya pada HUT Ke-63 RS Mohammad Hoesin Palembang di Palembang, Senin.

Ia mengharapkan semua rumah sakit tidak henti-hentinya melakukan membina kepada seluruh jajarannya, termasuk pembinaan penggunaan tata bahasa para petugas ketika memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien.

"Jadi seluruh rumah sakit yang ada, termasuk RSMH Palembang, seluruh jajarannya harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat yang menjadi pasien, seperti dalam memberikan pemahaman terhadap prosedur pelayanan kesehatan yang ada," katanya.

Ia mengaku bahwa terkadang ada pasien yang datang dari desa dan kurang memahami prosedur pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Untuk itu, katanya, sumber daya manusia pelayan kesehatan harus mampu berkomunikasi dengan baik dan memberikan pengertian serta penjelasan yang baik pula kepada pasien.

Menurut dia, menjalin komunikasi yang baik antara pelayan kesehatan dan pasien menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan suatu rumah sakit.

Direktur Utama RSMH Palembang, Dr. Mohammad Syahril, melaporkan kepada Wakil Gubernur Sumsel bahwa RSMH pada akhir 2019 sudah terakreditasi A dengan predikat bintang lima.

RSMH Palembang sekarang memberikan pelayanan kesehatan tidak hanya kepada pasien dari wilayah Sumsel melainkan juga melayani pasien dari luar provinsi itu karena sebagai rumah sakit rujukan wilayah Sumatera.

"RSMH Palembang, salah satunya sudah menjadi pusat pengobatan jantung terpadu sebagai rumah sakit rujukan nasional wilayah Sumatera," kata dia.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan peresmian pelayanan tercanggih di RSMH Palembang, salah satunya Liner Accelerator, terapi radiasi eksternal untuk penyakit kanker.

Selain itu, dilakukan penandatanganan kerja sama antara RSMH Palembang dengan empat rumah sakit besar lainnya, di wilayah Sumatera, di antaranya RSUD Ir. Soekarno Bangka Belitung dan RSUD M. Yunus Bengkulu.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar