Dinkes utus personel PSC ikuti Jambore penanggulangan gawat darurat

id Dinas utus PSC Jambore

Dinkes utus personel PSC ikuti Jambore penanggulangan  gawat darurat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Husni Thamrin. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengutus enam orang personel Public Safety Centre (PSC) 119 untuk mengikuti Jambore Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) di Kota Pagaralam.

"Enam orang personel PSC 119 OKU sudah mengikuti Jambore SPGDT di Kota Pagaralam beberapa waktu lalu," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Anuar Fahri didampingi Koordinator PSC 119 SS OKU, Ali Sadikin di Baturaja, Sabtu.

Dia menjelaskan, PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang berhubungan dengan kecelakaan dan dalam situasi kritis lainnya.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya mengutus para personel PSC 119 OKU untuk meningkatkan kemampuan sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan terhadap pasien sebelum dibawa ke rumah sakit.

"Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan SPGDT di Kabupaten OKU yang terintegrasi dengan fasilitas kesehatan memadai," jelasnya.

Dia mengemukakan, dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut para personel PSC 119 SS OKU mendapatkan materi tentang kebijakan SPGDT di Indonesia seperti tentang penanganan kegawatdaruratan dan jantung serta penanganan kecelakaan.

"Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para personel PSC 119 OKU dalam memberikan pertolongan pertama kasus kegawatdaruratan medis terhadap pasien khususnya masyarakat setempat," ujarnya.*

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar