Petugas kesehatan awasi ketat kedatangan pesawat luar negeri

id virus corona, kesehatan

Petugas kesehatan awasi ketat  kedatangan pesawat luar negeri

Virus corona. ANTARA/HO

Palembang (ANTARA) - Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan pengawasan ketat terhadap penumpang pesawat udara di terminal kedatangan luar negeri Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II untuk mencegah masuknya wabah virus corona.

Untuk melakukan pengawasan kondisi kesehatan penumpang pesawat yang datang dari luar negeri, diturunkan sejumlah petugas di terminal kedatangan dengan dilengkapi peralatan pendeteksi suhu tubuh (thermoscan), kata Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Palembang, Merry di Palembang, Sabtu.



Setiap penumpang pesawat yang masuk ke terminal kedatangan dideteksi suhu tubuhnya, jika diketahui kondisinya kurang sehat dengan suhu tubuh yang tinggi dilakukan pengecekan kesehatannya untuk mengetahui penyebabnya apakah faktor kelelahan melakukan perjalanan jauh atau terinfeksi virus corona.



Jika diperiksa oleh tim medis kondisinya mengalami ganggguan kesehatan biasa, diizinkan untuk pulang ke rumah atau menuju tempat aktivitas yang direncanakan, namun jika terdeteksi terinfeksi virus corona akan diberikan tindakan pengobatan dan dikarantina agar tidak menularkan kepada orang lain, katanya.



Dia menjelaskan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang menyiagakan petugas yang dilengkapi dengan alat thermoscan di terminal kedatangan internasional Bandara SMB II sejak Kamis (23/1).

Sesuai instruksi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto seluruh satuan kesehatan yang ada di bandara internasional dan pelabuhan untuk melakukan pemeriksaan setiap orang yang datang dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh sebagai tindakan pencegahan masuknya dan penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, China.

Petugas yang melakukan pengawasan kedatangan penumpang pesawat udara dan kapal laut dari luar negeri beberapa hari ini belum menemukan satupun orang yang dicurigai terjangkit virus corona.

Melalui upaya pencegahan itu diharapkan Kota Palembang dan wilayah Sumsel lainnya terbebas dari masuknya virus yang akhir-akhir ini menjadi perhatian semua negara di dunia termasuk Indonesia, ujarnya.