Satgas Pamtas latih warga perbatasan operasikan komputer

id Pamtas, Kodam, komputery, perbatasan, warga,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari i

Satgas Pamtas latih  warga perbatasan operasikan komputer

Personel Satgas Pamtas memberikan pelatihan komputer kepada warga di perbatasan. ANTARA/HO-Pendam Sriwijaya

Palembang (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan dari Yonif R 142/KJ Kodam II/Sriwijaya memberikan pelatihan cara mengoperasikan komputer kepada warga perbatasan di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Dansatgas Pamtas dari Yonif R 142/KJ Kodam II/Sriwijaya Letkol Inf Ikhsanudin dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Jumat, menjelaskan pentingnya pelatihan tersebut untuk mendukung peningkatan kemampuan generasi muda di daerah itu pada era globalisasi sekarang ini.

"Kegiatan pengenalan komputer tersebut dipimpin Serda Dolly selaku Wadanpos Damar bersama tiga personel lainnya," ujar dia.

Pemberian pengetahuan komputer, kata dia, sebagai hal penting untuk menunjang kemampuan mereka agar dapat bersaing dalam zaman modern sekarang ini.

"Meskipun secara topografi mereka tinggal di daerah perbatasan, namun ilmu pengetahuan mereka harus dapat bersaing dengan anak-anak di perkotaan, terutama dalam menguasai teknologi yang berkembang," katanya.

Di daerah perbatasan antarnegara itu, khususnya pegunungan, masih minim peranti lunak seperti komputer sehingga personel Pos Damar  berinisiatif melaksanakan kegiatan pemberian ilmu pengetahuan tentang tahapan cara kerja komputer, sesuai kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi saat ini.

Ia menilai anak-anak di daerah itu antusias mengikuti penjelasan dari personel Pos Damar Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ.

Hal itu, katanya, juga menandakan kedekatan silaturahim antara TNI dan masyarakat setempat.

Bahkan, katanya, mereka mengakui baru pertama kali mendapat pengalaman mengoperasikan komputer sehingga senang mendapat pengetahuan tentang perangkat itu.

"Bukan itu saja, tetapi mereka minta agar latihan mengoperasikan dapat dilakukan setiap hari," ujar dia.

Salah satu orang tua peserta pelatihan itu, Antoni (53), mengaku senang karena Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ, khususnya Pos Damar, peduli terhadap anak mereka melalui kegiatan pengenalan komputer.

"Saya selaku orang tua mengucapkan terima kasih atas kepedulian TNI dalam memberikan ilmu pengetahuan tentang komputer kepada anak-anak kami, mereka tidak hanya memberi rasa aman tetapi juga selalu membantu kesulitan warga di wilayah perbatasan," ungkapnya.

Wadanpos Damar Serda Dolly menyampaikan bahwa kegiatan itu salah satu bentuk kepedulian TNI terhadap generasi muda bangsa yang tinggal di daerah tersebut.

"Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap anak-anak di perbatasan, tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat perbatasan tetapi juga ilmu pengetahuan tentang komputer," kata dia.