Bandara SMB II pasang "thermal scanner" deteksi virus Corona

id virus corona,bandara palembang,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Bandara SMB II pasang "thermal scanner" deteksi  virus Corona

Penumpang asal Singapura melewati alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Kamis (23/1). (ANTARA/Dolly Rosana/20)

Palembang (ANTARA) - Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang terus memasang alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner) untuk mencegah Virus Corona masuk ke kota tersebut melalui penumpang yang berpergian ke luar negeri.

Petugas efidemilog Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang Merry Natalia, Kamis, mengatakan alat tersebut telah dipasang sejak tanggal 7 Januari di terminal kedatangan luar negeri Bandara SMB II Palembang.

"Sejak kami pasang berdasarkan petunjuk dari Kementerian Kesehatan, belum ada satu pun penumpang yang terdeteksi bersuhu tubuh di atas 38 derajat celcius," kata Merry.

Ia mengatakan terkait upaya pencegahan ini, KKP juga menyiapkan tim kesehatan bila ada penumpang yang dicurigai  terjangkit Virus Corona tersebut.

"Jika deteksi alat berbunyi yang menandakan ada penumpang sedang demam maka akan langsung dibawa ke ruang karantina. Nanti dokter yang akan memastikannya," kata dia.

Sementara itu General Manajer Bandara SMB II Fahroji mengatakan penempatan alat tersebut merupakan sinergi dari instansi pemerintah dalam upaya pencegahan virus tersebut masuk ke Tanah Air.

Khususnya di SMB II, terdapat tiga rute yang cukup diwaspadai karena merupakan penerbangan langsung ke Palembang yakni asal Malaysia, Singapura, dan Jeddah (Arab Saudi).

"Belum ini kami diajak perwakilan pemerintah provinsi dan pemerintah kota terkait upaya penghalauan virus ini. Tentunya sebagai pengelola bandara, kami akan maksimal untuk mencegahnya," kata dia.

Kantor Kesehatan Pelabuhan di seluruh Tanah Air meningkatkan kewaspadaan untuk merespons wabah Virus Corona dari Wuhan, China, dengan memasang alat deteksi suhu tubuh.

Sejauh ini virus tersebut telah menyebabkan 440 terjangkit dan 9 diantaranya meninggal dunia di China.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar