Kabupaten OKU Timur siap suplai daging sapi ke luar daerah

id OKU Timur siap suplai sapi

Kabupaten OKU Timur  siap suplai daging sapi ke luar daerah

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, HM Kholid MD. (Foto : Antara/HO).

Martapura (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan (Sumsel) siap menyuplai daging sapi ke kabupaten/kota lainnya di Sumsel untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging bagi masyarakat di luar daerah.

Bupati OKU Timur, HM Kholid MD di Martapura, Rabu mengemukakan bahwa kabupaten setempat saat ini memiliki hampir 70 ribu ternak sapi yang siap dijual di pasar wilayah setempat dan pasar luar daerah.

"Ternak sapi saat ini jumlahnya cukup banyak," katanya.

Menurut dia, jumlah tersebut dinilai cukup untuk kebutuhan daging sapi di wilayah setempat dan memenuhi permintaan pasar di kabupaten/kota lainnya yang membutuhkan ternak sapi.

"Apalagi daerah berjuluk Bumi Sebiduk Sehaluan ini juga sebelumnya mendapat rekor MURI atas prestasinya melakukan inseminasi buatan terhadap 1.673 ekor sapi pada akhir Oktober 2019," ungkapnya.

Dengan diraihnya penghargaan tersebut, ujar dia kedepannya pihaknya akan terus meningkatkan para penggiat insaminator ternak dengan mendatangkan instruktur dari luar daerah.

"Sehingga nantinya para insaminator mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru untuk lebih meningkatkan jumlah populasi ternak sapi di Kabupaten OKU Timur ini," tambahnya.

Ia juga berharap, program ini bisa dilirik oleh pemerintah provinsi untuk membuat atau membuka pasar ternak modern di wilayah setempat sehingga hewan ternak dari OKU Timur tersebut bisa dijual hingga menguasai pasar nasional.

"Mudah-mudahan kedepannya selain dikenal dengan lumbung pangan nasional, Kabupaten OKU Timur juga mampu menguasai dunia peternakan di Provinsi Sumatera Selatan," harapnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar