Jelang Imlek atraksi Barongsai ramai peminat

id Atraksi Barongsai, Imlek lampung,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Jelang Imlek atraksi  Barongsai ramai peminat

Pemain Barongsai tengah berlatih menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili, Bandarlampung, Rabu 22/01/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah pemain Barongsai di Bandarlampung mulai ramai mendapatkan tawaran atraksi, tiga hari menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili.

"Kami telah melakukan persiapan atraksi Barongsai sejak awal Desember 2019, dengan berlatih di tonggak besi, Liang Liong, serta latihan tabuhan musik," ujar pelatih Barongsai Yayasan Suaka Insan Mandiri, Ridwan di Bandarlampung, Rabu.

Menurutnya, pada momen Imlek tahun ini jumlah undangan atraksi Barongsai mengalami peningkatan, dibandingkan tahun lalu.

"Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini, undangan atraksi Barongsai mengalami peningkatan hingga 40 persen dari tahun lalu," tambahnya.

Ridwan mengatakan, tahun ini menjelang Imlek para pemain Barongsai telah tampil sebanyak lima kali, dan akan semakin banyak permintaan mendekati perayaan malam Tahun Baru Imlek.

"Sebelum Imlek saja kami sudah mulai atraksi Barongsai, dan mendekati malam Imlek akan semakin ramai, sebab Imlek telah banyak dikenal oleh masyarakat sehingga banyak tempat seperti pusat perbelanjaan, wihara, sekolah, bank yang sudah memesan penampilan sejak jauh hari, " jelasnya.

Barongsai sebagai salah satu cabang olahraga dan atraksi khas perayaan Tahun Baru Imlek menjadi sarana masyarakat untuk melatih toleransi.

"Jumlah anggota atraksi ini sekitar 30 orang, berasal dari beragam suku, agama, dan etnis, sehingga kita dapat belajar bertoleransi di tengah latihan dan penampilan atraksi Barongsai, " sebut Kevin salah seorang pemain Barongsai.

Menurutnya, setiap tahunnya antusias masyarakat untuk menonton Barongsai terus meningkat, sehingga Barongsai tidak lagi menjadi atraksi khusus bagi etnis keturunan Tionghoa, namun menjadi atraksi bagi seluruh masyarakat Lampung.

Baca juga: Olahraga Barongsai
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar