Dinkes OKU imbau masyarakat waspada penyakit musim hujan

id Dinkes imbau waspada penyakit musim hujan

Dinkes OKU imbau masyarakat  waspada penyakit musim hujan

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Andi Prapto. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengimbau masyarakat di wilayah setempat untuk waspada terhadap penyebaran penyakit musim hujan seperti influenza dan demam berdarah dengue (DBD).

"Karena tubuh manusia mudah sekali terserang penyakit saat musim hujan," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Selasa.

Menurut dia, daya tahan tubuh manusia biasanya menurun saat musim penghujan sehingga mudah sekali terserang penyakit seperti influenza dan demam berdarah.

Oleh sebab itu, ia mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga daya tahan tubuh serta berprilaku hidup bersih dan sehat agar tidak terserang penyakit tersebut.

"Khusus influenza, untuk menghindari penyakit ini masyarakat harus menjaga pola makan dan mengurangi begadang serta selalu menggunakan jas hujan saat berkendara jika turun hujan," katanya.

Sedangkan untuk menghindari penyebaran penyakit demam berdarah, lanjut dia, masyarakat harus menerapkan pola 3M yaitu menguras dan menutup bak penampungan air serta mengubur barang bekas agar terhindar dari DBD.

Menurut Andi, penyakit yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti ini sering kali mengancam masyarakat saat musim penghujan.

"Oleh karena itu, kami memberikan imbauan melalui seluruh Puskesmas di setiap kecamatan agar masyarakat berprilaku hidup bersih dan sehat serta menerapkan pola 3M supaya terhindar dari DBD," ujarnya.