Timnas U-19 disambut tes fisik di Thailand

id timnas u19,indra sjafri,shin taeyong,piala dunia u20,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palemba

Timnas U-19 disambut tes fisik di  Thailand

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). . ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

Tangerang (ANTARA) - Tim nasional U-19 Indonesia disambut tes fisik serta pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan dua hari setelah tiba di Chiang Mai, Thailand yakni pada Rabu (22/1).

“Tanggal 22 Januari kami melakukan tes fisik dan ‘medical check up’,” ujar asisten manajer pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin.

Timnas U-19 Indonesia yang diperkuat 28 pemain berangkat ke Chiang Mai, Thailand, pada Senin (20/1) untuk menjalani pemusatan latihan (TC) dan laga uji coba hingga 1 Februari 2020.

Menurut Indra, untuk memilih nama-nama terbaik dari skuat saat ini, staf kepelatihan yang dipimpin manajer pelatih timnas Shin Tae-Yong tidak ingin hanya mengandalkan parameter teknik atau pemahaman taktikal di lapangan.

“Kami melakukan penilaian parameter lain,” kata pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019 tersebut.

Dalam beberapa kesempatan, Shin Tae-Yong menyebut bahwa kondisi fisik pemain Indonesia tidak terlalu baik.

“Fisik menjadi masalah terbesar. Kemampuan mereka memang lebih bagus dari perkiraan saya, tetapi kondisi fisik mereka lebih buruk dari prediksi,” tutur Shin, usai seleksi timnas U-19 pada 13-17 Januari 2020 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat.
 

Hal itu yang membuat juru taktik asal Korea Selatan tersebut menjadikan fisik sebagai fokus utama sembari timnas U-19 menuntaskan berbagai menu latihan sebelum tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Hal yang positif

Terkait kebijakan Shin Tae-Yong untuk fisik pemain, bek timnas U-19 Indonesia Alfeandra Dewangga menganggap itu sebagai hal positif.

“Pelatih Korea Selatan, kan, memang menekankan fisik. Bagaimana pun kami akan mengikutinya,” tutur Alfeandra.

PSSI membawa 28 pemain terbaik dari hasil seleksi perdana pemain timnas U-19 pada 13-17 Januari 2020 di Cikarang Timur, Jawa Barat, untuk TC dan berlaga di Thailand.
 

Mereka didampingi oleh jajaran pelatih seperti manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong, asisten manajer pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri, pelatih timnas U-19 Gong Oh-Kyun dan asistennya Nova Arianto.

Sebelum berkompetisi di Piala Dunia U-20 2021, timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19 2020, yang waktunya belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.