Dinas Kesehatan OKU imbau masyarakat waspada penyakit DBD

id Warga diimbau waspada DBD

Dinas Kesehatan OKU imbau  masyarakat waspada penyakit DBD

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Andi Prapto. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mengimbau masyarakat di wilayah setempat untuk waspada terhadap penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Khususnya saat musim penghujan seperti sekarang ini penyakit DBD mudah sekali menyerang masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan OKU, Husni Thamrin melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Andi Prapto di Baturaja, Senin.

Dia menambahkan, penyakit yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti ini sering kali mengancam masyarakat saat musim penghujan.

"Karena saat musim hujan banyak terdapat genangan air sehingga jentik nyamuk ini cepat berkembang biak," ujarnya.

Oleh sebab itu, kata dia melalui seluruh Puskesmas di setiap kecamatan pihaknya memberikan imbauan kepada masyarakat agar berprilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari DBD.

"Masyarakat juga diimbau untuk menerapkan pola 3M yaitu menguras dan menutup bak penampungan air serta mengubur batang bekas agar terhindar dari DBD," harapnya.

Sejauh ini, lanjut dia Kabupaten OKU menjadi daerah terendah penderita DBD dengan jumlah penderitanya pada tahun lalu yaitu sebanyak 25 orang.

"Pada 2019 tercatat sebanyak 25 orang warga OKU yang menderita DBD dan salah satunya meninggal dunia setelah mendapat perawatan intensif di rumah sakit setempat," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar