DPRD OKU dorong pemerintah daerah tingkatkan pelayanan kependudukan

id oku

DPRD OKU dorong pemerintah daerah tingkatkan pelayanan  kependudukan

Gedung DPRD Kabupaten OKU (Foto : Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mendorong pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dibidang kependudukan dan pencatatan sipil.



"Dalam hal ini pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU harus lebih ditingkatkan seperti di Disdukcapil Kota Bandung," kata Wakil Ketua DPRD OKU, Yudi Purna Nugraha di Baturaja, Senin.



Menurut dia, berdasarkan hasil kunjungan kerja anggota dewan setempat ke Disdukcapil Kota Bandung beberapa waktu lalu pihaknya melihat pelayanan kependudukan di daerah itu berjalan dengan maksimal.



"Oleh sebab itu, hasil kunjungan kerja ini akan kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten OKU melalui dinas terkait agar dapat diterapkan di kabupaten setempat," tambahnya.



Dia mengemukakan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mendukung peningkatan pelayanan kependudukan, salah satunya yaitu dengan pemberian hibah alat perekaman ke pemerintah kecamatan guna mempermudah pelayanan kependudukan bagi masyarakat di pelosok desa.



"Seperti masyarakat yang belum memiliki KTP dapat melakukan perekaman data di kantor kecamatan masing-masing," ungkapnya.



Dia berharap, upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung tersebut dapat diterapkan di Kabupaten OKU agar pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam mengurus dokumen kependudukan di Disdukcapil setempat semakin meningkatkan.



"Sebab, selama ini pelayanan kependudukan di Kabupaten OKU ini terkesan masih lambat sehingga perlu ditingkatakan lagi," ujarnya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar