Damri Palembang perluas trayek baru ke tiga kota di Pulau Jawa

id Damri palembang, damri palembang jokjarta, trayek baru damri, perum damri, tarif damri palembang

Damri Palembang  perluas trayek baru ke tiga kota di Pulau Jawa

Terminal Damri Palembang KM 9 (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Perum Damri Cabang Palembang berencana memperluas trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) baru ke tiga kota di Pulau Jawa pada 2020 seiring meningkatnya peminat transportasi bus yang didukung kemudahan akses Tol Trans Sumatera.

Manajer Umum (GM) Damri Palembang, Ferdik Sakona di Palembang, Minggu, mengatakan trayek baru AKAP tersebut Palembang-Bogor, Palembang-Bekasi dan Palembang-Jogjakarta.

"Pengguna jasa Damri di Palembang baik AKDP maupun AKAP ada kenaikan selama 2019 sekitar 15 persen dibanding 2018, jadi kami coba perluas lagi trayeknya," ujar Ferdik Sakona. 

Ketiga trayek tersebut akan melengkapi dua trayek AKAP sebelumnya yakni Palembang-Jakarta dan Palembang-Purworejo.

Baik trayek lama maupun baru, menurutnya, akan memanfaatkan Tol Trans Sumatera untuk memangkas waktu tempuh.

Pihaknya belum menentukan tarif untuk tiga trayek AKAP baru itu karena harus disurvei terlebih dahulu, namun perkiraan tarif tidak jauh dari dua trayek lama, yakni Rp225.000 Palembang-Jakarta (kelas bisns ac + rs) dan Rp350.000 Palembang-Purworejo (kelas bisns ac + rs).

"Survei dan penjajakan lapangan tiga trayek itu akan kami mulai Februari nanti sembari mengurus izin-izinnya," tambah Ferdik

Meningkatnya minat pengguna Bus Damri di Palembang, kata dia, dimulai sejak musim mudik Idul Fitri 2019 hingga saat ini, salah satu pemicunya yakni naiknya tiket pesawat sejak awal 2019.

"Khusus untuk AKAP kami juga meningkatkan pelayanan dan penambahan armada, sehingga penumpang semakin terpuaskan," kata Ferdik.

Saat ini Damri Palembang memiliki 81 unit bus baik AKDP, AKAP, perintis dan BRT, rencananya pada 2020 armada akan ditambah 10 unit bus.

Selain pengembangan trayek AKAP, Damri Palembang juga akan membuka trayek rintisan di Kota Lubuklinggau dan Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan mulai Januari 2020 yang melayani tiga rute.

Menurut dia, ada tiga rute yang akan dibuka, yakni Lubuklinggau-Megang Sakti (Tugumulyo - Purwodadi), Lubuklinggau-Muara Lakitan (Muara Beliti-Tuah Negeri-Muara Kelingi) dan rute dalam Kota Lubuklinggau (Simpang Priuk-Bandara Silampari-Stasiun Kereta Api).

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar