Indosat akan bantu tangani kasus pencurian nomor seluler Ilham Bintang

id indosat,kasus ilham bintang,pencurian nomor ponsel

Indosat akan bantu tangani kasus pencurian nomor  seluler Ilham Bintang

Foto rekaman CCTV yang menunjukkan terduga pelaku pencurian nomor ponsel milik wartawan senior Ilham Bintang, di gerai Indosat, Bintaro Jaya Xchange. (Sumber: akun resmi facebook Ilham Bintang).

Jakarta (ANTARA) - Pihak Indosat menyatakan akan bekerja sama dalam menangani peristiwa pencurian nomor kartu subscriber identity module (SIM) card atau kartu seluler ponsel dan pembobolan rekening yang menimpa wartawan senior Ilham Bintang.

"Kami akan bekerja sama, termasuk jika ada proses yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah ini dan menjaga kenyamanan pelanggan kami," ujar SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Turina mengatakan bahwa pihak Indosat menyesalkan atas peristiwa yang menimpa wartawan senior tersebut dan telah menemui serta menjelaskan kepada Ilham Bintang mengenai apa yang terjadi.

"Kami menyesalkan adanya kejadian dalam proses penggantian kartu atas nama Bapak Ilham Bintang. Kami telah bertemu dengan beliau dan menjelaskan tentang apa yang terjadi," katanya.

Sebelumnya Ilham Bintang menyampaikan bahwa pihak Indosat sudah menemuinya, dan dalam pertemuan tersebut pihak Indosat memberikan data yang diminta oleh dirinya mengenai rekaman CCTV, surat yang mengonfirmasi terjadinya pertukaran kartu SIM card pada 3 Januari 2020, fotokopi formulir yang diisi oleh pelaku.

Namun Ilham sangat menyesalkan bobolnya sistem pengawasan dan verifikasi faktual Indosat yang membuat terduga pelaku dengan mudahnya mendapatkan nomor kartu seluler ponsel miliknya.

Ilham mengatakan bahwa pelaku kejahatan berhasil mendatangi dan mengelabui langsung petugas Indosat di gerai Indosat Bintaro Jaya Xchange dengan mengaku-ngaku sebagai dirinya pada Jumat (3/1)

Dia menjelaskan bahwa seharusnya penukaran kartu seluler fisik wajib melalui verifikasi faktual dan administrasi KTP, dan yang menarik sejauh dirinya melihat pada rekaman CCTV hampir tidak ada verifikasi dari petugas Indosat terhadap pelaku.

Wartawan Senior tersebut juga mengkritik kecerobohan dari pihak Indosat yang tidak mengecek keberadaan lokasi dirinya melalui aktivasi paket roaming, di mana saat itu Ilham Bintang sedang berada di luar negeri.

Akibat pencurian nomor kartu seluler ponsel tersebut, pelaku berhasil membobol uang dalam rekening bank milikya yang kemudian oleh pelaku ditransfer ke hampir seratus rekening.

Wartawan senior tersebut telah melaporkan kasus kejahatan tersebut kepada pihak kepolisian dan telah menunjuk Elza Sjarief sebagai kuasa hukumnya.

Melalui akun resminya di Facebook, Ilham Bintang juga meminta semua sahabat dan masyarakat untuk berhati-hati serta meningkatkan kewaspadaan terhadap lemahya perlindungan pelanggan jaringan telepon seluler dan nasabah perbankan.