Pemkab Musi Banyuasin akan bagikan 2.400 itik ke peternak

id itik,ternak,budidaya

Pemkab Musi Banyuasin akan bagikan 2.400 itik ke peternak

Seorang peternak memberi makan pada itik ternaknya di sawah di Manding, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Jumat (2/8/2019). ANTARA FOTO/Akbar Tado/foc. (ANTARA FOTO/AKBAR TADO)

Sekayu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, akan membagikan 2.400 ekor itik kepada tiga kelompok peternak di Kecamatan Lais dan Kecamatan Sekayu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Musi Banyuasin Yusuf Amilin di Sekayu, Jumat, mengatakan program penyaluran itik masuk dalam program Disnakertrans untuk mengentaskan kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja. 

“Dua kecamatan yang dipilih memang terdata paling tinggi jumlah Rumah Tangga Miskin-nya,” kata dia.

Ia mengatakan setiap kelompok penerima manfaat terdiri dari 20 orang, yang mana masing-masing akan mendapatkan 40 ekor itik petelur yang didatangkan dari Kabupaten Mojokerto.

“Jenis itik ini telah teruji dan berhasil sehingga kami pilih,” kata dia.

Ia mengatakan pembudidaya bukan hanya mendapatkan itik tapi juga fasilitas kandang, alat penetas telur, serta adanya tim pendamping dari PPL Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Muba.

Pemkab juga menyiapkan pengadaan pakan yang nantinya diberikan kepada para peternak, serta program hilirisasi dari telur-telur yang dihasilkan. 

Adapun produk turunan yakni telur asin akan diserap oleh toko-toko modern setempat.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengatakan pemerintah setempat menargetkan penurunan angka kemiskinan menjadi satu digit hingga 2023.

“Saat ini sudah menyentuh 13 persen, dan akan kami kejar terus penurunannya. Ini tidak mudah, karena saat ini sumber pendapatan utama masyarakat yakni perkebunan karet yang harganya sedang jatuh,” kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar