Asap kebakaran hutan ganggu turnamen babak awal Australia Open

id kebakaran hutan australia,tenis australia open

Asap kebakaran hutan ganggu turnamen babak awal Australia Open

Ilustrasi: Warga membasahi rumah mereka dengan air saat asap dan debu dari kebakaran hutan menerjang kawasan New South Wales, Australia, Sabtu (4/1/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Tracey Nearmy/pras.

Jakarta (ANTARA) - Asap dari kebakaran hutan dahsyat juga mengganggu turnamen tenis Australia Open, Selasa, di mana seorang peserta kualifikasi mengundurkan diri karena kesulitan bernapas, sementara Eugenie Bouchard membutuhkan perhatian medis dan pemain lainnya berjuang keras menghadapi polusi.

Kualitas udara di Melbourne, yang biasanya dinilai sebagai salah satu kota paling layak huni di dunia, menjadi yang terburuk di planet ini dan digambarkan sebagai "berbahaya" oleh otoritas kota.

Babak kualifikasi untuk Grand Slam pertama tahun ini dimulai terlambat karena kondisi cuaca dan pemain asal Slovenia Dalila Jakupovic tidak mengatasinya dengan baik sehingga harus menghentikan pertandingannya melawan petenis Swiss Stefanie Voegele setelah mengalami batuk-batuk.

"Saya benar-benar takut bahwa saya akan pingsan. Itu sebabnya saya naik ke lantai karena saya tidak bisa berjalan lagi," katanya kemudian kepada wartawan, dengan panas yang membakar tidak membantu.

"Ini tidak sehat bagi kita," tambahnya seperti dikutip AFP. "Saya terkejut, saya pikir kami tidak akan bermain hari ini tetapi kami tidak punya banyak pilihan."

Mantan semifinalis Australia Open Bouchard juga mengalami masalah dan memerlukan pemeriksaan medis setelah dilaporkan mengeluh sakit dada. Dia pulih untuk memenangkan pertandingan tiga set.

Di tempat lainnya di Melbourne, Maria Sharapova tampil sesuai jadwal melawan Laura Siegemund dari Jerman dalam turnamen eksebisi Kooyong Classic.

Kedua pemain sepakat untuk menghentikan pertandingan yang berlangsung ketat itu pada kedudukan 7-6 (7/4), 5-5 untuk keunggulan pemain Jerman setelah bertanding lebih dari dua jam. Sharapova mengatakan dia bisa merasakan "sedikit masalah." batuk keluar sampai akhir set kedua ".

Memburuknya kondisi cuaca setelah berbulan-bulan kebakaran hutan yang telah menelan sebagian besar daerah pedesaan Australia, menyebabkan sedikitnya 27 orang tewas dan lebih dari 2.000 rumah hancur.

Pemerintah kota Melbourne melalui Twitter mendesak penduduk untuk "tinggal di dalam rumah, tutup jendela dan pintu, dan simpan hewan peliharaan di dalam"

Para pejabat tenis mengatakan ada sedikit kemungkinan Australia Open ditunda, tetapi kualitas udara terus dipantau dan wasit dapat menghentikan pertandingan untuk melindungi kesehatan pemain.

Latihan di luar stadion ditangguhkan tetapi pemain-pemain top termasuk petenis nomor satu dunia Rafael Nadal tidak terpengaruh untuk pertandingan mereka di stadion dengan atap tertutup Rod Laver Arena.

Kantor cuaca Australia mengatakan ada asap yang meluas di seluruh negara bagian Victoria tengah dan timur, termasuk Melbourne, yang diperkirakan akan hilang pada Rabu sore.

Mandy Minella, pemain nomor 140 dunia dari Luksemburg, mengatakan dia "terkejut" karena babak kualifikasi diizinkan untuk berlangsung.

"Bagaimana dengan kesehatan semua orang yang harus bekerja di sana, terutama para ballkids?" cuitnya.



Petenis AS Noah Rubin mengeluh di Twitter bahwa para pemain tidak selalu mendapat informasi terbaru dan kurangnya informasi cara bertindak.

Ketua Asosiasi Tenis Australia Craig Tiley menolak kritik dan mengatakan bahwa "semua orang dikirimi email".

"Sangat disayangkan dia ketinggalan pengumuman itu karena berbagai alasan," katanya, seraya menambahkan bahwa semua keputusan dibuat atas saran ahli.

Tiley mengatakan pekan lalu bahwa Grand Slam tidak mungkin akan ditunda, terlepas dari kondisinya, setelah petenis nomor dua dunia Novak Djokovic menyarankan perlu adanya opsi.

Dia mencatat bahwa Melbourne Park memiliki tiga stadion beratap dan delapan lapangan tertutup lainnya, sementara para ahli meteorologi dan kualitas udara akan berada di lokasi untuk memantau kondisi.

Setiap bahaya asap akan diperlakukan dengan cara yang mirip dengan panas dan hujan ekstrem, dengan wasit dapat menghentikan permainan jika dianggap terlalu berbahaya untuk dilanjutkan.

Tetapi lusinan pertandingan lainnya telah digelar.

Para pemain tenis terkemuka dan bintang-bintang olahraga lainnya dengan cepat merespons krisis, menjanjikan uang untuk upaya bantuan.

Roger Federer, Serena Williams dan Nadal akan menjadi pemain utama dalam laga eksibisi untuk penggalangan dana di Melbourne Park pada hari Rabu.