Gubernur Sumsel: Masyarakat waspada bencana musim hujan

id Gubernur

Gubernur Sumsel: Masyarakat waspada bencana musim hujan

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru diwawancara wartawan di depan Kantor BPBD Sumsel. (ANTARA)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mingimbau seluruh lapisan masyarakat setempat untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadi bencana alam pada musim hujan sekarang ini guna mengantisipasi jatuh korban dan kerugian lainnya yang besar.

"Sumsel rawan akan banjir dan longsor sehingga bila musim penghujan maka harus selalu waspada," kata dia di Palembang, Sabtu.

Terkait dengan banjir dan tanah longsor di beberapa titik di Sumsel, ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang meskipun selalu waspada.

Ia meminta kepada semua pemerintah kabupaten dan kota di provinsi itu untuk peka terhadap ancaman bencana alam saat musim hujan sekarang ini.

Apalagi, kata dia, sekarang telah terjadi banjir dan longsor di Kabupaten Lahat dan Pagaralam sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan.

Pemerintah Provinsi Sumsel akan membantu penanganan bencana alam di daerah itu sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri.

Ia menjelaskan bahwa Mendagri sudah mengirim telegram kepada pemerintah provinsi terkait dengan penggunaan dana tidak terduga untuk mengatasi bencana.

Mengenai jumlah dana tersebut, kata dia, tidak terbatas.

"Jadi kalau ada yang memang perlu, pemerintah provinsi siap membantu. Kalau kabupaten dan kota tidak mampu pemprov siap membantu," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Heriansyah mengatakan provinsi setempat memiliki dataran rendah dan tinggi, yang saat musim hujan rawan terjadi bencana.

"Untuk dataran tinggi, bila hujan secara lama maka bisa saja terjadi longsor sehingga kewaspadaan harus diutamakan. Begitu juga dataran renda, bila musim penghujan maka rawan akan terjadi banjir sehingga harus berhati-hati," katanya.