BPBD Ogan Komering Ulu Timur imbau warga bantaran sungai waspada banjir

id BPBD sianga bencana alam,BPBD Ogan Komering Ulu Timur

BPBD Ogan Komering Ulu Timur imbau warga bantaran  sungai waspada banjir

Ilustrasi logo Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). (Antara/HO)

Martapura (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, mengimbau warga, khususnya yang tinggal di bantaran sungai, agar waspada bencana banjir.

Kepala BPBD Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Habibullah di Martapura, Jumat mengatakan pihaknya memperingatkan seluruh masyarakat di wilayah itu untuk selalu waspada bencana banjir mengingat tingginya curah hujan dan naiknya debit air Sungai Komering dalam beberapa hari terakhir sangat berpotensi terjadinya bencana alam tersebut.

"Khususnya bagi penduduk yang bermukim di bantaran sungai untuk selalu meningkatkan kewaspadaan karena bencana banjir dapat terjadi kapan saja," katanya.

Menurut dia, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya bencana banjir yang melanda permukiman maupun lahan persawahan dan perkebunan warga di wilayah itu.

"Namun kami tetap mengingatkan dan meminta kepada masyarakat untuk waspada, terutama yang bermukim di sekitar bantaran sungai," katanya.

Sebagai bentuk kewaspadaan terjadinya bencana alam, kata dia, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak Irigasi Kabupaten OKU Selatan dan Irigasi Upper Komering guna memantau ketinggian debit air sungai untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan seluruh camat, terutama di daerah yang rawan terdampak bencana banjir, agar dapat dilakukan tindakan cepat jika terjadi bencana alam di wilayah itu.

"Karena penanganan yang cepat diharapkan dapat mengantisipasi adanya korban jiwa akibat bencana alam," ujarnya.