Gubernur minta masyarakat lestarikan buah lokal

id Gubernur

Gubernur minta  masyarakat lestarikan buah lokal

Festival buah lokal Sumsel (Dok Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan buah lokal guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Pelestarian buah lokal itu juga untuk menarik wisatawan," kata Gubernur yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Sumsel Prof Eduar Juliartha dalam festival buah di Palembang, Jumat.

Ia mengatakan Sumsel memiliki potensi luar biasa bidang pertanian dan perkebunan yang harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat tanpa merusak alam sekitar.

"Kita tahu Sumsel daerah yang penuh potensi salah satunya pertanian. Kita berharap momentum ini membawa dampak yang baik bagi Provinsi Sumsel kedepan," katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Buah Raimar Kusnadi mengatakan kegiatan festival ini merupakan yang ketiga kalinya digelar dan mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur Sumsel.

Kegiatan ini juga bermanfaat sebagai salah satu upaya meningkatkan semangat petani untuk mendukung penuh target Sumsel sebagai lumbung pangan nasional.

“Kita ingin ikut berkontribusi dalam ketahanan pangan di Indonesia. Adapun dalam festival buah kali ini kita melibatkan 122 stan yang terdiri UMKM yang menampilkan sejumlah produk hasil pertanian termasuk buah-buahan,” tambahnya.

Pameran produk pertanian dalam festival buah juga mendapatkan sambut dan antusias dari warga secara bergelombang datang memadati setiap stan yang memamerkan aneka produk dan buah-buahan.

Apalagi ada stan yang menggratiskan pengunjung untuk menikmati buah durian secara gratis.

Sejumlah aneka buah-buahan lokal yang dipamerkan diantaranya buah durian, manggis, nanas, mangga dan aneka buah lokal lainnya hasil pertanian dan perkebunan dari sejumlah daerah di Sumsel.

Hadir serta dalam pembukaan pameran festival buah itu antara lain Ketua TP PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru beserta Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj. Fauziah Mawardi Yahya dan sejumlah pejabat penting lainnya.