Polda Sumsel instruksikan jajaran siaga banjir

id antisipasi banjir, siaga banjir, bencana banjir, banjir,polda susmel, personel polri dan tni siaga banjir

Polda Sumsel instruksikan  jajaran siaga banjir

Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol Rudi Setiawan. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menginstruksikan jajaran di 17 kabupaten/kota untuk siaga banjir dan tanah longsor menghadapi musim hujan tahun 2020.

"Musim hujan sekarang ini perlu meningkatkan kesiapsiagaan personel untuk membantu masyarakat menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam sehingga dapat dicegah timbulnya banyak korban dan kerugian harta benda," kata Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol Rudi Setiawan di Palembang, Kamis.

Khusus di Polrestabes Palembang telah disiagakan 1.700 personel gabungan TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Basarnas, BMKG, Dinas Pemadam dan Penanggulangan Bencana, yang akan bertugas hingga April 2020.

Sebagai wujud kesiapsiagaan kewilayahan dalam menangani bencana alam disiapkan operasi khusus dengan sandi Aman Nusa II.

Dia menjelaskan seluruh personel di Polda Sumsel dan jajaran di 17 kabupaten/kota diperintahkan sewaktu-waktu siap memberikan bantuan kepada masyarakat jika terjadi bencana alam dampak musim hujan sekarang ini.

Untuk membantu masyarakat, Polda Sumsel membangun posko penanggulangan bencana yang disiagakan personel selama 24 jam dengan didukung peralatan evakuasi korban dan penanggulangan bencana memadai.

Kemudian membuat posko pemantauan cuaca dan jaringan komunikasi untuk melakukan berbagai upaya antisipasi terjadinya bencana jika suatu bencana tidak dapat dicegah dapat diminimalkan timbulnya korban jiwa dan harta benda.

Dengan kesiapsiagaan menghadapi segala kemungkinan potensi bencana yang akan terjadi pada musim hujan tahun ini dapat diantisipasi dan disikapi secara bijak untuk saling bekerja sama dengan semua pihak dan lapisan masyarakat mewujudkan wilayah Sumsel yang aman dan sejahtera, ujar Wakapolda.