Empat pesawat F-16 dikerahkan di Natuna

id natuna,kri ks tubun,konflik natuna, kapal ikan china, nelayan natuna,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Empat pesawat F-16 dikerahkan di  Natuna

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono (tengah) memberikan arahan pada prajurit TNI AL di atas KRI Karel Satsuit Tubun-356 yang bersandar di Faslabuh Lanal Ranai, Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (7/1/2020). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Batam (ANTARA) - Sebanyak 4 unit F-16 fighting facon (elang tempur) bersama 1 pesawat boeing dikerahkan oleh Pangkogabwilhan I untuk berjaga di sekitar Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Satu pesawat CN 235 milik TNI AL juga rencananya akan melaksanakan patroli udara maritim besok, kata kata Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono usai meninjau kesiapan KRI yang akan beroperasi besok di Faslabuh Lanal Ranai, Selat Lampa, Natuna, Selasa.

Selain pesawat, saat ini juga terdapat 7 KRI yang berjaga di Perairan Natuna.

"Besok mungkin ada 2 kapal Bakamla yang akan hadir di sini. Kita bisa bersama-sama melaksankan operasi laut," kata dia di atas KRI Karel Satsuit Tubun-356.

Ia mengatakan, dari hasil operasi udara yang dilaksanakan, diketahui kondisi di laut masih sama seperti kemarin. Terdapat kapal-kapal ikan yang diamankan oleh kapal-kapal coast guard dan kapal pengawas perikanan China.

"Sehingga kita tetap akan hadir untuk memberikan pengakuan bahwasanya wilayah itu ZEE Indonesia," kata dia.

Dalam melakukan operasi, ia mengingatkan pasukannya agar tidak terprovokasi tindakan yang dilakukan kapal asing di sana.

Ia mengatakan, kapal-kapal coast guard China kerap memotong haluan dan ativitas yang dianggap provokatif lainnya.

"Jelas karena di situ, kapal-kapal coast guard yang sejak awal kehadiran kita selalu mereka memotong haluan dan sebagainya. Itu sudah merupakan provokatif," ujar dia.

Aparat harus menahan diri dan tidak terpancing dengan provokasi itu.