Warga Lampung diminta waspada hujan lebat-angin kencang

id cuaca butuk lampung,hujan lebat lampung, bmkg lampung

Warga Lampung diminta waspada hujan lebat-angin kencang

BMKG menyampaikan peringatan dini kewaspadaan kondisi cuaca buruk hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan pada sejumlah wilayah di Provinsi Lampung, Senin hingga Selasa (6-7/1/2020) pagi. (ANTARA/HO/BMKG)

Bandarlampung (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini kewaspadaan terhadap cuaca buruk, berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprakirakan di sejumlah wilayah di Provinsi Lampung, Senin hingga Selasa (7/1) pagi.

Menurut BMKG dalam rilis disampaikan Tim Prakirawan Stasiun Meteorologi Radin Inten II Bandarlampung, Senin pagi, peringatan kewaspadaan potensi hujan lebat dan kilat/petir disertai angin kencang itu diperkirakan di wilayah Kabupaten Pringsewu, Kota Bandarlampung, Kabupaten Pesawaran, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Lampung Timur pada malam hari.
 
BMKG menyampaikan pula, apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diperbaharui dan diinformasikan kembali melalui media sosial Facebook (akun: Infocuaca BMKG Lampung atau FP: Stasiun Meteorologi Radin Inten II Bandarlampung) serta IG: @infocuacalampung* atau bisa diakses langsung via website http://www.bmkg.go.id .
 
Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku pada 4 Januari 2020, pukul 07.00 WIB sampai dengan 5 Januari 2020, pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah barat daya-barat laut dengan kecepatan antara 3-15 knots (5-28 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 3-10 km.
 
Suhu udara secara umum berkisar 24-32 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar 17-29 derajat Celsius.
 
Kelembapan udara secara umum berkisar 60-97 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar 70-98 persen.
 
Secara umum, sebagian besar wilayah Lampung pada pagi hari diprakirakan berawan.
 
Pada siang dan sore hari diprakirakan hujan di wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Barat, Pringsewu, Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Utara, Way Kanan, Kota Bandarlampung, Lampung Selatan, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Timur.
 
Pada malam hari, diprakirakan hujan di wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Tulangbawang, Mesuji, dan Lampung Timur.
 
Pada dini hari diprakirakan hujan di wilayah Kabupaten Lampung Barat, Pesisir Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Tulangbawang Barat, Lampung Timur, Lampung Tengah, dan Lampung Selatan.