Dinkes Ogan Komering Ulu gelar lokakarya standar akreditasi puskesmas

id akreditasi puskesmas,OKU,Sumsel

Dinkes Ogan Komering Ulu gelar  lokakarya standar akreditasi puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Sumsel, Husni Thamrin (kanan). (FOTO ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar lokakarya pemahaman standar dan akreditasi yang diikuti seluruh puskesmas 13 kecamatan di wilayah itu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU), Husni Thamrin di Baturaja, Minggu menjelaskan bahwa akreditasi adalah sistem dan cara bekerja dalam konteks puskesmas sebagai pelayanan publik.

Dalam upaya peningkatan pelayanan di bidang kesehatan ini diperlukan pemahaman filosofis akreditasi agar seluruh puskesmas di wilayah itu dapat terakreditasi.

"Akreditasi adalah gaya hidup dalam melayani masyarakat agar mendapat pelayanan terbaik di bidang kesehatan," kata dia.

Oleh sebab itu, kata dia, lokakarya pemahaman standar dan akreditasi kembali dilakukan untuk membangun komitmen tersebut sehingga ke depan status akreditasi dan kualitas layanan semakin lebih baik terhadap masyarakat.

"Khususnya di seluruh puskesmas di Kabupaten OKU ini," kata  Husni Thamrin. Sementara itu, Kasi Pelayanan Kesehatan Dinkes OKU, Anuar Fahri menambahkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan sarana kesehatan, khususnya bagi seluruh puskesmas di wilayah itu.

Dia menjelaskan, akreditasi puskesmas merupakan bentuk pengakuan yang diberikan lembaga independen penyelenggara akreditasí yang ditetapkan setelah memenuhi standar akreditasi.

"Akreditasi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan terhadap seluruh pasien yang berobat di puskesmas di Kabupaten OKU," demikian Anuar Fahri.