Menhub sebut Banjir melanda Jakarta sudah mulai surat

id berita sumut, berita medan terkini,banjir jakarta, menhub banjir melanda jakarta surut

Menhub sebut Banjir melanda Jakarta sudah mulai surat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat berkunjung ke Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (4/1/2020). (ANTARA/Munawar)

Medan (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan banjir yang melanda sejumlah kawasan di Jakarta sudah mulai surut, dan arus transportasi kini sudah normal seperti biasa.

"Selama dua hari ini, banjir yang mengenangi Jakarta berangsur-angsur kembali normal dan mobil, serta angkutan masyarakat telah kembali beroperasi," kata Budi, menjawab wartawan, usai meninjau Posko Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu.

Banjir yang melanda kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, mulai surut pada Jumat pagi dan membuat warga yang sebelumnya terisolasi akibat genangan hingga mencapai ketinggian 40 centimeter (cm) kini mulai beraktivitas normal.

Sebelumnya, banjir menggenangi kawasan Pasar Baru dan membuat akitivitas lumpuh akibat buruknya drainase dan diperparah luberan sungai Ciliwung. Aliran listrik pun mati sejak Kamis pagi (2/1).

Warga terdampak pun terisolasi. Sejumlah warung makan di area itu juga banyak yang tutup sehingga membuat masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan primernya.

Sebagian dari mereka lebih memilih untuk mengungsi ke sanak saudaranya yang dirasa lebih aman.

Posko banjir Jakarta mencatat jumlah pengungsi banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta mencapai angka 31.232 orang.