Permukaan air Sungai Ciliwung rata dengan Jalan Pasar Baru

id Bajir jakarta, jakarta banjir, pasar baru, jakarta pusat, tahun 2020

Permukaan air Sungai Ciliwung rata dengan Jalan Pasar Baru

Jalan Pasar Baru Selatan digenangi banjir luapan Sungai Ciliwung yang meluap rata dengan jalanan, Kamis (2/1/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Permukaan air Sungai Ciliwung meluap hingga rata dengan permukaan jalan di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Kamis pagi.

Sehari sebelumnya, Rabu (1/1) permukaan Sungai Ciliwung depan Pasar Baru masih menyisakan perbukaan setinggi 1 cm dari bibir sungai, tapi pagi ini permukaan air meluap hingga pinggir sungai tertutup dan rata dengan jalan.

Luapan Sungai Ciliwung ini menyebabkan Jalan Pasar Baru Selatan digenangi air setinggi betis orang dewasa, sepanjang lebih dari 100 meter.

Selain itu luapan air juga menutupi ruas Jalan Sutomo hingga menggangu lalu lintas kendaraan bermotor hingga terjadi kemacetan di Jalan Kantor Pos menuju Jalan Budi Utomo, Lapangan Banteng.

Kendaraan yang datang dari arah Djuanda menuju Senen terhalang, sehingga memutar di Jalan Budi Otomo menyebabkan kemacetan.

Menurut penuturan warga sekitar air mulai meluap naik dari pukul 05.00 WIB, hingga berita ini diturunkan air masih terus meluap dan menggenangi jalan.

Mega (70) warga Gang Kelinci, Pasar Baru, yang rumahnya terendam banjir setinggi betis orang dewasa, mengatakan dulu pernah baniir tapi cuma setinggi satu centimeter.

"Sekarang tingginya luar biasa, ini kebangetan banjirnya," kata Mega.