UPT Samsat Baturaja sediakan loket khusus pembayaran pajak kendaraan online

id Samsat Baturaja tingkatkan pelayanan

UPT Samsat Baturaja sediakan loket khusus pembayaran pajak kendaraan online

Kepala Cabang UPT Samsat Ogan Komering Ulu (OKU) 1 Baturaja, Humaniora Basili Basmark. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan menyiapkan loket khusus untuk masyarakat yang telah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online.

"Rencananya loket khusus ini akan kami siapkan pada 2020," kata Kepala Cabang UPT Samsat Ogan Komering Ulu (OKU) 1 Baturaja, Humaniora Basili Basmark di Baturaja, Minggu.

Menurut dia, sejauh ini dalam pembayaran ataupun pengurusan pajak kendaraan bermotor secara manual dan online masih digabung pada satu loket di Kantor Samsat setempat.

"Jadi terkait pelayanan dalam pencetakannya masih berdasarkan nomor antrean walapun masyarakat sudah melakukan pembayaran pajak secara online," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, pada 2020 pihaknya akan meningkatkan pelayanan dengan menyediakan loket khusus untuk masyarakat yang telah melakukan pembayaran pajak secara online.

"Insyallah tahun depan akan kami buatkan loket tersendiri agar pelayanan online lebih cepat," tegasnya.

Dia menambahkan, saat ini masyarakat Kabupaten OKU sudah bisa membayar pajak secara online melalui aplikasi elektronik data dan sistem pajak daerah online (e-Dempo).

Aplikasi ini dapat digunakan dimana saja untuk mempermudah masyarakat yang ingin melakukan pengurusan dan pembayaran pajak kendaraannya.

"Masyarakat cukup mendownload aplikasi e-Dempo di Playstore dan harus memiliki rekening Bank Sumsel serta KTP jika ingin melakukan pembayaran pajak via online," ujarnya.

Dengan adanya aplikasi ini, ia berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di wilayah itu agar lebih taat dan tepat waktu dalam membayar pajak kendaraan.

"Sejauh ini kesadaran masyarakat mengurus pajak sudah cukup baik dan diharapkan akan terus meningkat," harapnya.