PM Jepang minta Korsel lakukan tindakan selesaikan pertikaian

id Sengketa Jepang-Korea Selatan,Pertemuan tiga-pihak

PM Jepang minta Korsel lakukan tindakan selesaikan pertikaian

Presiden Korea Selatan Moon Jae-In (kanan) disambut Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat tiba untuk mengikuti sesi foto pada pertemuan puncak G20 di Osaka, Jepang, 28/6/2019. ANTARA/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/Pool/TM (REUTERS/KIM KYUNG-HOON)

Chengdu, China (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Selasa, meminta Korea Selatan melakukan tindakan untuk menyelesaikan sengketa bilateral yang telah membawa hubungan Tokyo-Seoul ke posisi paling rendah.

Pernyataan tersebut disampaikan Abe dalam konferensi pers di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) trilateral, Jepang, China, dan Korea Selatan di Chengdu, China.

Hubungan antara Jepang dan Korea Selatan, dua sekutu utama Amerika Serikat di Asia, telah terperosok ke posisi paling rendah dalam beberapa dasawarsa setelah pengadilan tinggi Korea Selatan tahun lalu memerintahkan perusahaan Jepang agar memberi ganti-rugi kepada sebagian orang yang menjadi korban kebijakan kerja paksa di masa perang.

Jepang, menurut Reuters--yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa, mengatakan masalah tersebut diselesaikan berdasarkan kesepakatan 1965 dan putusan pengadilan tersebut melanggar hukum internasional.

Sumber: Reuters