Psikolog sebut Ibu miliki peran penting bentuk generasi mendatang

id Hari ibu, pendidikan, generasi muda, peran ibu

Psikolog sebut Ibu miliki peran penting bentuk generasi mendatang

Diskusi dalam rangka peringatan Hari Ibu (dok. Firesta Farizal, M.Psi)

Jakarta (ANTARA) - Psikolog anak, Firesta Farizal, M.Psi mengatakan ibu memiliki peranan penting untuk membentuk generasi yang akan menentukan kemajuan bangsa.

"Ibu merupakan pengasuh pertama pada anak termasuk dalam hal belajar dan mengembangkan hubungan yang sehat dan positif terhadap lingkungan," kata Firesta di Jakarta, Senin, dalam rangka peringatan Hari Ibu.

Menurut dia, anak yang memiliki kedekatan dengan ibu lebih memiliki rasa percaya diri dan lebih mudah dalam bersosialisasi.

“Hal-hal yang dilakukan ibu bersama anak memiliki dampak besar bagi anak agar dapat meraih lima potensi prestasinya kelak, yaitu berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, supel, percaya diri, dan mandiri," katanya.



Untuk itu, penting bagi ibu untuk mendampingi anak dalam beraktivitas, bereksplorasi, membimbing dalam belajar, memberikan stimulasi, termasuk menyediakan nutrisi yang seimbang," kata Firesta.

Pesan yang disampaikan dalam kegiatan ini selaras dengan tema peringatan Hari Ibu secara nasional, dimana momentum ini diperingati untuk mendorong para perempuan berdaya dan memberikan kontribusi pada pembangunan.

Ibu diharapkan turut andil dalam memajukan Indonesia dengan menjadi perempuan tangguh mandiri, kreatif dan dapat melahirkan generasi yang membanggakan.

Sedangkan Astrid Prasetyo Marketing Manager SGM Eksplor 1Plus menyatakan sebagai bentuk apresiasi pihaknya menyelenggarakan rangkaian edukasi melalui saluran digital untuk menghadirkan cerita inspiratif dari para ibu.

“Melalui berbagai inisiatif ini kami berharap akan semakin banyak masyarakat yang mengapresiasi peran penting ibu dalam menciptakan generasi maju. Lebih dari itu kami berharap para ibu menjadi terinspirasi untuk memberikan dukungan terbaik baik kemajuan anak," ujar Astrid.*
 

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar