KOI mulai persiapkan diri wujudkan Indonesia tuan rumah olimpiade 2032

id Indonesia tuan rumah olimpiade 2032,KOI,NOC,IOC,olimpiade

KOI mulai persiapkan  diri wujudkan Indonesia tuan rumah olimpiade 2032

(Ki-ka) Wasekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Wijaya Noerhadi, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari, dan Sekjen KOI Teuku Arlan Perkasa Lukman dalam jumpa pers di Kantor KOI, Jakarta, Minggu (22/12/2019). (ANTARA/Shofi Ayudiana).

Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mulai mempersiapkan diri untuk bisa mewujudkan ambisi besarnya, yakni membawa Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade 2032, kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari.

Oktohari yang baru saja mengunjungi Kantor Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Lausanne, Swiss dan NOC Jepang pada 16-21 Desember itu mengatakan " Kita sudah lihat ke beberapa negara bahwa ada fasilitas yang harus kita lengkapi. Kami sedang koordinasikan dengan pihak swasta dan pemerintah agar ini terlaksana," ujar Okto dalam konferensi pers di Kantor KOI, Jakarta, Minggu.

Kunjungannya ke Jepang tersebut menjadi sangat penting guna meminta dukungan sekaligus sebagai ajang promosi Indonesia yang mengajukan diri sebagai tuan rumah olimpiade 2032.

Selain melakukan kunjungan, KOI juga sudah mulai menunjuk beberapa orang yang akan bertanggung jawab terkait kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade 2032.

Okto optimistis bahwa Indonesia berpeluang besar terpilih menjadi tuan rumah dibandingkan calon-calon lain, seperti Australia, Korea Selatan, dan Jerman. Pasalnya, Indonesia akan menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang pertama kalinya menjadi penyelenggara olimpiade.

"Kita sudah komunikasi langsung dengan IOC, ANOC, juga ASOF. Semuanya memberikan respons positif, memberikan angin segar bahwa mereka lihat ini peluang dan potensi olimpiade untuk pertama kalinya bisa dilaksanakan di Asia Tenggara," kata Okto menjelaskan.

Rencananya, pihak KOI juga akan mencoba mengadakan berbagai kejuaraan level dunia di Indonesia. Harapannya, kegiatan tersebut dapat menjadi ajang promosi bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah olimpiade 2032.

KOI menargetkan setidaknya pada 2023, Indonesia sudah siap menjadi tuan rumah sebelum keputusan tersebut ditentukan melalui Rapat Besar Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada 2024.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar