ACT Sumsel bantu 30.581 jiwa selama 2019

id Air bersih act, act sumsel, aksi cepat tanggap, act sumsel distribusikan air bersih, act sumsel bantu warga kekeringan

ACT Sumsel bantu 30.581  jiwa selama 2019

Para donatur, jurnalis dan influencer media sosial yang hadir pada kegiatan Media dan Donors Gathering di Palembang terkait impelementasi ACT Sumsel selama 2019, Jumat (20/12) (ANTARA/Azis Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan telah membantu 30.581 jiwa di wilayah setempat bersama ribuan mitra dengan berbagai implementasi selama 2019.

Head Of Marketing ACT Sumsel, Diwadia, Jumat, mengatakan selama 2019 pihaknya merealisasikan 14 jenis program, di antaranya layanan kesehatan gratis saat fenomena asap, bantuan air gratis saat kemarau, beras untuk santri, bantuan qurban, bedah rumah, perahu gratis, pembangunan masjid dan paket makanan gratis reguler.

"Program yang kami laksanakan tentunya tidak terlepas dari donasi yang terus disalurkan oleh masyarakat maupun dari mitra-mitra ACT dan bantuan media serta influencer media sosial di Sumsel," ujar Diwadia saat Media dan Donors Gathering ACT Sumsel di Palembang.

Menurut dia selama 2019 setidaknya ACT Sumsel telah membangun delapan sumur bor berbiaya ratusan juta rupiah yang dibantu mitra dari PT. Pelindo II, PT. Gojek Palembang, Hiswana Migas, dan PT. Perumnas.

Sumur bor dibangun di desa-desa yang kesulitan akses air bersih saat musim kemarau di Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin dan Ogan Ilir, sumur-sumur itu kini menjadi harapan baru bagi warga setempat.

ACT Sumsel juga telah membagikan satu juta liter lebih air bersih ke berbagai wilayah di tiga kabupaten tersebut selama musim kemarau 2019, serta menyalurkan dua ton beras pada program Beras untuk Santri Indonesia (Berasi).

Khusus di Kota Palembang, ACT Sumsel telah mendistribusikan bantuan kepada ratusan korban kebakaran besar di Kecamatan Kertapati pada Juli 2019 dan Kecamatan Gandus pada Oktober 2019, bantuan disalurkan mulai dari masa tanggap bencana hingga kondisi warga pulih sepenuhnya.

"Pada 2020 ACT Sumsel akan terus mengimplementasikan bantuan-bantuan kemanusiaan agar semakin banyak penerima manfaat yang terbantu, tidak hanya korban bencana tetapi juga orang-orang prasejahtera," jelasnya.

Tak hanya membantu warga lokal, ACT juga menyalurkan bantuan ke berbagai negara yang berasal dari donasi masyarakat Indonesia, sehingga ACT semakin menempatkan diri sebagai salah satu lembaga kemanusiaan ternama di dunia.

Sementara Marketing Communication PT. Gojek Palembang, Alvin, mengatakan ACT Sumsel menjadi mitra kompeten yang efektif dalam menyalurkan berbagai bantuan lebih tepat sasaran.

"Kami sudah beberapa kali menyalurkan bantuan kepada masyarakat dengan menggandeng ACT sebagai mitra, sejauh ini kami lihat manajemen bantuan yang dijalankan ACT Sumsel sudah baik," tambah Alvin.