Wagub Sumsel minta bupati perhatikan keberadaan bidan desa

id perhatikan bidan desa,wagub sumsel minta perhatikan bidan desa,bidan desa sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, ant

Wagub Sumsel  minta bupati perhatikan keberadaan bidan desa

Wagub Sumsel Mawardi Yahya (Dok.Humas Pemprov)

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya minta kepada bupati dan wali kota di provinsi itu untuk memperhatikan keberadaan bidan desa di kabupaten dan kota masing - masing.

Keberadaan bidan di desa cukup berat karena membantu proses persalinan dan sekaligus sebagai ujung tombak dalam memberikan edukasi terkait dengan kesehatan pada masyarakat sehingga harus dibantu, kata Wagub usai membuka Musda IBI Sumsel di Palembang, Jumat.

“Para bupati dan wali kota harus faham begitu pentingnya keberadaan bidan desa. Karena itu buatlah mereka nyaman dalam menjalankan tugas. Mereka inilah ujung tombak kita dalam membantu proses persalinan di desa-desa," tegas Wagub.

Memanag, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Sumsel akan terus memberikan perhatian bagi para bidan desa melalui Dinas Kesehatan Provinsi.

Untuk itu dia meminta ada koordinasi yang baik antara dinas dengan para bidan desa yang ada di lapangan. Terutama terkait dengan angka kelahiran bayi di Sumsel dari waktu kewaktu.

"Saya ini pernah menjadi bupati, jadi tahu persis begitu beratnya tugas bidan desa apalagi yang ditugaskan di daerah perairan. Untuk itu pihaknya ucapkan terimakasih atas pengabdian yang tidak luntur oleh jauhnya jarak dan banyaknya tantangan yang menerpa,” ujar Wagub.

Sementara Ketua Umum IBI Pusat Emi Nurjasmi memberikan apresiasinya pada Pemprov Sumsel yang begitu menghargai tugas mulia para bidan desa.

"Dukungan pemerintah seperti ini sangat penting dalam motivasi tugas para bidan yang ada di Sumsel agar dapat berkerja dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab,” ujar dia.

Bidan adalah tenaga strategis sebagai ujung tombak dalam pelayanan kesehatan sekaligus bertindak selaku garda terdepan dalam pelayanan kesehatan karena jaraknya dengan masyarakat paling dekat.

Keputusan pemerintah membuat sebuah kebijakan menugaskan bidan desa tersebar di seluruh tanah air. Tujuannya lanjut dia, tidak lain agar masyarakat mendapatkan akses cepat dalam pelayanan kesehatan.

Bidan merupakan sahabat bagi kaum wanita dalam mengatasi semua bentuk masalah bidang kesehatan dengan cara antara lain memberikan asupan, nasehat pada masa prahamil, hamil, tambah dia.