Mukomuko salurkan mobil ambulans untuk puskesmas wilayah terpencil

id Mukomuko,puskesmas daerah terpencil,ambulans,Bengkulu

Mukomuko salurkan mobil ambulans untuk puskesmas wilayah terpencil

Mobil ambulans untuk puskesmas daerah terpencil di Kecamatan Teras Terunjam, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. (FOTO ANTARA/dok)

Mukomuko (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyalurkan satu unit mobil mobil ambulans di puskesmas yang ada di wilayah terpencil, yakni di Puskesmas Kecamatan Teras Terunjam. Bupati Mukomuko Choirul Huda melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) setempat menyalurkan satu unit mobil ambulans kepada pihak puskesmas di Kecamatan Teras Terunjam, Rabu.

“Yang terpenting sekarang ini kita berusaha bagaimana untuk mempermudah keinginan dan kebutuhan masyarakat di daerah ini, salah satunya pelayanan kesehatan,” kata Bupati Mukomuko Choirul Huda.

Untuk itu, ia mengatakan, pemerintah setempat berusaha agar masyarakat yang berada di daerah terpencil di daerah ini diberikan suatu fasilitas mobil ambulans untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Ia mengatakan, ke depan sejumlah puskesmas yang berada di wilayah terpencil tetapi belum memiliki mobil ambulans akan dianggarkan di APBD untuk pembelian mobil ambulans.

“Yang jelas pemerintah daerah akan terus berupaya mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat. Apa yang bisa kitra bantu, kita bantu khususnya pelayanan paling dasar kesehatan,” katanya.

Ia menyatakan, pemerintah setempat tidak hanya memberikan bantuan untuk pelayanan paling dasar kesehatan di wilayah terpencil di daerah ini, termasuk pelayanan dasar pendidikan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo mengatakan BKD yang melaksanakan kegiatan pengadaan satu unit mobil ambulans untuk puskemas Kecamatan Teras Terunjam.

Pemerintah setempat mengalokasikan dana sebesar Rp450 juta dalam APBD perubahan tahun ini untuk membeli satu unit mobil ambulans untuk mengganti mobil ambulans puskesmas Kecamatan Teras Terunjam yang sering mengalami kerusakan.

“Mobil ambulans lama milik puskesmas Kecamatan Teras Terunjam sering mengalami kerusakan sehingga sudah selayaknya kendaraan tersebut diganti dengan yang baru. Termasuk juga beberapa mobil ambulans yang ada di puskesmas perawatan di daerah ini,” kata Rustam Bustomo.