Pemkot Palembang ajak forum anak edukasi perlindungan

id pemkot, pemkot palembang,perlindungan anak, tindak keekrasan terhadap anak, cegah tindak kekerasan terhadap anak, kpai

Pemkot Palembang ajak forum  anak edukasi perlindungan

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda tengah berinteraksi dengan peserta Capacity building Forum Anak Sekota Palembang tahun 2019, Kamis (27/6/2019). ANTARA/ Aziz Munajar

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengajak forum anak untuk melakukan kegiatan edukasi yang dapat meningkatkan pemahaman warga kota setempat mengenai perlindungan anak.

Kegiatan edukasi perlindungan anak perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan terhadap dan pelecehan seksual terhadap anak, kata Wakil Wali kota Palembang, Fitrianti Agustinda di Palembang, Selasa.

Untuk mengedukasi masyarakat, forum anak kota setempat didorong menggalakkan kegiatan penyuluhan mengenai perlindungan anak, larangan tindak kekerasan dan pelecehan seksual kepada anak-anak.

Melalui kegiatan itu diharapkan kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini yang tergolong cukup tinggi dapat diminimalkan.

Kegiatan edukasi itu dinilai cukup efektif memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai perlindungan terhadap anak dan ancaman hukuman bagi orang tua atau siapapun yang terbukti melakukan tindak kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak.

Pemahaman perlu diberikan kepada masyarakat sehingga dapat mencegah terjadinya tindakan yang dapat mencelakai dan merusak masa depan anak, serta mengganggu pertumbuhan anak secara normal.

Dengan digalakkannya kegiatan yang bertujuan mengedukasi masyarakat itu, diharapkan kasus kekerasan terhadap anak di kota ini semakin sedikit dan anak-anak mendapat perlindungan maksimal dari orang tua, keluarga, dan masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, ujar wawako.

Sementara sebelumnya anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAI) Daerah Palembang, Tri Widayatsih menjelaskan bahwa berdasarkan data dalam beberapa tahun terakhir, tercatat cukup banyak kasus tindak kekerasan dan kasus lainnya yang melibatkan anak sebagai korbannya.

Beberapa kasus yang melibatkan anak-anak sebagai korbannya seperti kekerasan seksual, kekerasan fisik, masalah hak asuh anak, dan penelantaran anak.

Permasalahan terhadap anak tersebut diharapkan dapat dicegah dengan meningkatnya pemahaman masyarakat menegnai perlindungan terhadap anak sehingga korbannya pada tahun-tahun mendatang dapat ditekan seminimal mungkin, ujar anggota KPAI Palembang itu.