Dinas PPPA OKU optimis dapat predikat Kabupaten Layak Anak

id OKU menuju Kabupaten Layak Anak

Dinas PPPA OKU optimis dapat predikat Kabupaten Layak Anak

Dinas PPPA Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) optimis meraih predikat Kabupaten Layak Anak. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan optimis pada 2020 mendatang daerah setempat dapat meraih predikat Kabupaten Layak Anak.

"Mudah-mudahan tahun depan OKU dapat meraih predikat sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA)," kata Kepala Dinas PPPA Ogan Komering Ulu (OKU), Arman di Baturaja, Selasa.

Menurut dia, keyakinan dapat meraih predikat ini pada 2020 nanti didukung karena terpenuhinya seluruh indikator Kabupaten Layak Anak.

"Termasuk dukungan Organiasi Perangkat Daerah (OPD) atau instansi terkait di Pemkab OKU yang mendukung terpenuhinya indikator kriteria KLA," katanya.

Dia menjelaskan, beberapa indikator yang harus dipenuhi dalam meraih predikat KLA ini antara lain yaitu adanya pelayanan ramah anak yang saat ini sudah tersedia di sejumlah instansi dan OPD di pemerintahan daerah setempat.

"Seperti di rumah sakit, sekolah dan beberapa instansi lainnya di Pemkab OKU saat ini sudah ada pelayanan khusus ramah anak," jelasnya.

Selain itu, kata dia, dalam meraih predikat KLA tersebut pihaknya juga membangun komitmen bersama pihak terkait untuk pemenuhan hak anak agar dapat terpenuhi.

"Dengan komitmen yang kuat tersebut kami yakin pada 2020 mendatang dapat meraih predikat KLA agar pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten OKU dapat terpenuhi secara maksimal," ujarnya.